• Monday, 16 May 2022
  • Waktu Server 15:18 WIB

Gamelan Ini Hanya Ditabuh Setiap Kamis Legi

Caption: Agung Sudarwanto (kanan), guru seni SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo menabuh gamelan.

SoloposFM, Ada yang unik di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo. Yaitu adanya seperangkat gamelan yang ditabuh atau dibunyikan setiap Kamis Legi. Hal ini dilakukan warga sekolah untuk mendukung program pemerintah kota Solo terkait gerakan menabuh gamelan setiap Kamis Legi.

“Gamelan memang dibunyikan setiap Kamis Legi. Ini salah satu upaya kami dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi pedoman untuk pendidikan Indonesia,” kata Agung Sudarwanto, guru seni sekolah tersebut Rabu (19/1/2022).

Baca juga : Kembali Hadir di Semarang, Program ShopeePay Semangat UMKM Lokal Dukung Pegiat UMKM Tingkatkan Transaksi dan Bisnisnya

 

Dia mengakui bahwa menabuh gamelah perlu dibudayakan. Karena dalam beberapa waktu terakhir gaung gamelan kurang Nampak meredup, terutama karena pandemi.

“Alhamdulillah dengan adanya instruksi dari Dinas Kebudayaan dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan kami makin semangat dan merapatkan barisan, dalam upaya melestarikan seni dan budaya,” ungkap Agung.

 

 

Sementara itu, menurut Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko, kegiatan menabuh gamelan setiap Kamis Legi bisa menjadi sarana edukasi sembari melestarikan bidaya. Siswa dan guru juga bisa bekerjasama saat menabuh gamelan.

“Mengasah memori otak atau menenangkan dengan mengolah rasa agar selaras. Juga melatih kesabaran karena pada dasarnya semua instrumen dalam gamelan bisa ditabuh sekaligus,” ujar Jatmiko.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar