• Thursday, 29 July 2021
  • Waktu Server 12:44 WIB

Gagal SBMPTN Bukan Akhir Segalanya

Caption:

SoloposFM, Peserta yang lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN) 2021 telah diumumkan pada Senin (14/06/2021). Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohamad Nasih menjelaskan, dari jumlah peserta eligible SBMPTN 2021 sebanyak 732.704 peserta, yang lulus SBMPTN 2021 hanya sebanyak 197.657 peserta saja.

Dijelaskan Nasih, usai pengumuman SBMPTN 2021 ini masih ada proses lain yang harus dipenuhi oleh peserta yang lulus. Bagi peserta yang belum diterima atau belum lulus seleksi, maka masih banyak peluang lain baik di PTN melalui jalur mandiri atau kampus swasta yang tidak kalah berkualitas. Tentu, karena tujuannya sama yakni tiap perguruan tinggi ingin bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga : Solopos FM Jadi Radio Swasta Terbaik di Anugerah Penyiaran Jateng 2021

 

Kecewa Itu Wajar

 

Astrid Widayani, Praktisi Pendidikan yang juga Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta, dalam Dinamika, Selasa (15/06/2021), mengungkapkan peserta yang lolos sangatlan beruntung. Hal ini karena hanya sebagian kecil peserta ujian yang diterima di PTN.

“Selamat buat yang berhasil lolos SBMPTN, ya! Sementara buat yang belum berhasil lolos, jangan jadi berkecil hati dan patah semangat. Memang sih, tidak bisa dipungkiri kalau kegagalan yang kita alami kerap kali bikin merasa down, sedih bahkan kecewa. Rasanya seperti sudah berusaha tapi hasilnya enggak sesuai harapan. Namun kita jangan berkecil hati. Kegagalan yang kita alami saat ini bukan akhir dari segalanya, kok. Tak perlu patah semangat, tak lolos SBMPTN bukalah suatu kegagalan yang menjadi akhir dunia,” papar Ketua Yayasan Pendidikan Widya Nusantara ini.

Baca juga : Dewan Pers Verifikasi Solopos FM

 

Ia menambahkan walaupun awalnya terasa sulit, namun kita harus bisa melakukan kontrol diri untuk menghadai rasa kecewa, termasuk saat kecewa ketika gagal lolos SBMPTN. Sedih sementara boleh, tapi harus kembali bangkit dan jadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk melangkah selanjutnya.

Setelah kita berhasil berdamai dengan diri sendiri, baru kita bisa lebih fokus pada masa depan dan langkah selanjutnya yang akan diambil. Mulai fokus dan pikirkan kembali langkah selanjutnya membantu kita untuk perlawhan-lahan menghilangkan rasa kecewa yang kita rasakan, salah satunya ketika gagal lolos SBMPTN.

 

Opini Pendengar Solopos FM

 

Hasil polling SoloposFM, pada program Dinamika, Selasa (15/06/2021), mayoritas pendengar sepakat jika gagal dalam SBMPTN bukan akhir dari segalanya. Sebanyak 86% pendengar sepakat dengan hal tersebut. Sementara 14% sisanya tidak sepakat.

Berikut sejumlah opini mereka:

 

“Masih banyak jalan masa depan. Jangan patah semangat!” ungkap Adi di Sukoharjo.

“Kecewa tentu saja. Tapi saya beruntung punya orangtua dan sahabat yang mendukung,” tulis Rina.

“Masa dean nggak cumin lewat PTN saja. Banyak lulusan PTS yang sukses. Jangan hanya karena satu pintu gagal dibuka, trus putus ada!” papar Dina.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar