• Monday, 29 November 2021
  • Waktu Server 06:36 WIB

Dukung Tim Idola Secara Positif Ala Pasoepati Ancol

Caption:

SoloposFM, Pasoepati adalah tim pendukung setia kesebelasan PERSIS Solo. Mereka selalu loyal mendukung tim idolanya. Pasoepati Ancol (Anak Colomadu) adalah salah satu korwil yang masih eksis di Pasoepati.

Seperti apa kegiatan pisitif dari Pasopati Ancol sebut? Solopos FM bersama Tim P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) Karanganyar, mengupasnya dalam Talkshow Serba Serbi Inspirasi di Bumi Intanpari. Diketahui, P4GN diketuai langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto.

Baca juga : Yuk Jalan-jalan ke Kampung Wisata Klatak!

 

Pada Kamis (25/11/2021), Talkshow Serba Serbi Inspirasi di Bumi Intanpari membahas tema “Semangat Bangkit”. Hadir di studio SoloposFM, Shamzaini ( Ketua Pasoepati Colomadu), dan Timur Angga Kusuma (Anggota Pasoepati Colomadu).

 

Upaya Kembalikan Anggota Vakum

 

Berdiri pada 2000, korwil Pasoepati Ancol termasuk salah satu korwil yang mempunyai banyak anggota dimasa awal berdiri. Pasoepati Ancol yang digagas oleh Santoso, Awang, Danang, Eko Ngasem,dan Amat Klegen berkomitmen terus menjaga eksistensi di Pasoepati sampai sekarang.

“2017-2018 Sempat vakum, namun kami kemudian memiliki semangat untuk kembali bangkut. Anggota yang vakum kemudian kembali berdatangan, meskipun belum sebanyak awal berdiri yang mencapai seribuan anggota. Namun saat ini sekitar 400-an anggota. Harapan kami bisa lebih dari seribu,” kenang Awang.

 

 

Berbagai upaya dilakukan untuk menarik anggota, diantaranya dengan melakukan nonton bareng (nobar). Timur Angga Kusuma, Anggota Pasoepati Colomadu mengungkapkan nonbar juga dilakukan berpindah tempat, untuk menghindari kejenuhan selain juga upaya menambah anggota. Dalam waktu depat Pasoepati Ancol berencana meresmikan basecamp mereka.

Baca juga : Sosialisasikan Bahaya Narkoba, P4GN Karanganyar Datangi SMK Muhammadiyah 3 

 

“Rencananya di tempat stretegis, tengah-tengah wilayah Colomadu. Disana bisa buat ngobrol, nonbar, hingga makan minum,” ungkap Timur.

Dia menambahkan Pasoepati Ancol memang didirikan untuk menyalurkan animo menonton sepakbola yang begitu tinggi anggota. Mereka juga menggelar tour-tour keluar kota untuk membela tim kebanggaan mereka yaitu Persis Solo.

 

Kegiatan Positif

 

Tak hanya berurusan dengan pertandingan bola, sejumlah kegiatan positif juga dilakukan Pasoepati Ancol. Diantaranya kegiatan menanam pohon pada hari Lingkungan Hidup. Selama pandemi, mereka juga menggelar penyemprotan cairan disinfektan di halte bus BST dan rumah warga daerah Colomadu. Upaya ini dilakukan untuk  mencegah penyebaran Covid-19 serta pembagian masker ke masyarakat.

Pasoepati Ancol juga menggelar kegiatan menebar benih ikan di sungai untuk menjaga ekosistem sungai. Selama ramadhan, merekarutin membagi takjil yang dilaksanakan di lampu merah Colomadu.

Pasoepati Ancol aktif mengadakan kegiatan aksi donor darah di kantor PMI serta penggalangan dana untuk pembangunan masjid di Desa Malangjiwan. Pada Desember 2021mendatang mereka akan menggelar pertandingan bola di lapangan Gawanan. Kegiatan ini menggandeng P4GN Karanganyar. Bersama P4GN, mereka juga sebelumnya menggelar lomba tarik tambang online.

“Kami berupaya untuk terus melakukan kegiatan positif. Yang pasti menjauhi narkoba. Kami tahu pemuda sangat rentan akan godaan narkoba. Organisasi kami memang mayoritas anak muda. Maka tugas kami sebagai pengurus untuk memantau anggota agar terus berkegiatan positif. Yang terpenting genersi muda memiliki mimpi, harapan dan cita-cita, sehingga pasti akan berkegiatan pistif untuk mencapainya,” pungkas Shamzaini.

 

(Diungah oleh Avrilia Wahyuana)

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar