Diskusi Proklamasi Bersama Putri Bung Hatta

Diskusi Proklamasi Bersama Putri Bung Hatta

SoloposFM, Museum Naskah Proklamasi Jakarta menghadirkan Prof. Meutia Hatta, putri salah satu dari Dwi Tunggal, Mohammad Hatta, dalam diskusi virtual, Minggu (16/8/2020). Wabah Covid-19, memang membuat peringatan HUT ke-75 RI digelar virtual. Dihadirkannya Meutia Hatta untuk memberikan teladan sejarah sang ayah, dari sudut pandang sang putri.

Salah satunya guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Dra Novi Saptina, menjadi salah satu peserta diskusi tersebut.

“Beruntung bangsa Indonesia mempunyai putra-putri dari tokoh sejarah. Sehingga kita bisa belajar langsung dari darah daging tokoh sejarah tersebut. Pandemi ini menajdi momen menggali sejarah untuk memerdekakan rasa. Selalu ada cahaya dibalik badai. Ungkapan untuk menggambarkan bagaimana usaha kami untuk tetap produktif dan memberikan edukasi kepada masyarakat, walau di tengah pandemi,” ujar Novi dalam rilis yang diterima Solopos FM.

Sementara sang kakak Meutia Hatta, menjadi narasumber, kedua adiknya, yaitu Gemala Hatta dan Halida Hatta, hadir menjadi peserta diskusi.

“Kesederhanaan, rendah hati, dari Bung Hatta menurun pada putra-putri nya. Berbahagia, bisa belajar dari dekat pribadi Hatta lewat putrinya,” papar Novi.

Tentang kesederhanaan Hatta, dikatakan Meutia dalam diskusi tersebut, memang berasal dari kecintaannya terhadap buku dan menulis. Bung Hatta hanya memikirkan kemajuan dan martabat bangsa.

“Sesungguhnya Proklamasi berdimensi Proklamasi Budaya bagi bangsa Indonesia yaitu mengangkat harkat dan martabat serta harga diri, mampu berbudaya merdeka, berbudaya mandiri, berbudaya tak menyerah, karena nasib bangsa tergantung kemampuan budaya diri sendiri menjadi tangguh dan diperhitungkan,” ungkap Meutia Hatta menutup diskusi.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!