• Monday, 18 October 2021
  • Waktu Server 07:27 WIB

Diskografi: Coldplay Sapa Pendengar lewat Lagu Baru “My Universe”

Caption: Coldplay rilis lagu baru bertajuk My Universe dengan menggandeng BTS. (Instagram/@coldplay)

SoloposFM, Baru-baru ini, Coldplay kembali menjadi perbincangan hangat di berbagai media social menyusul perilisan lagu terbarunya, My Universe pada 24 September 2021 lalu. Tak sendirian, dalam lagu terbarunya ini Coldplay menggandeng boy group ternama asal negeri Gingseng, BTS.

Coldplay adalah grup musik rock kenamaan asal London, Britania Raya. Dibentuk pada tahun 1996, grup musik ini terdiri dari Chris Martin sebagai vokalis utama, Jonny Buckland sebagai gitaris utama, Guy Berryman sebagai bassis, dan Will Champion sebagai drummer.

Grup ini mulai akrab di telinga masyarakat luas ketika merilis singel “Yellow” pada tahun 2000. Perilisan tersebut dilanjutkan oleh album debut mereka yang dirilis pada tahun yang sama. Album tersebut bertajuk Parachutes.

Album perdana Coldplay ini pun juga sempat masuk ke nominasi Mercury Prize. Band rock asal London ini kemudian merilis album ke-2, A Rush of Blood to the Head pada 2002. Tak kalah laris, A Rush of Blood to the Head sukses memenangi beberapa penghargaan, termasuk Album of the Year dari NME. Sementara itu salah satu single dari album tersebut, Clocks sukses mengantongi penghargaan Record of the Year di Grammy Award ke-46.

Album ketiganya, X&Y menyusul rilis pada 6 Juni 2005, album ini pun berhasil menjadi album terlaris di dunia pada tahun 2005. Beberapa lagu andalannya dari album tersebut, yaitu Speed of Sound dan Fix You. Dengan rilisnya album ini, band beraliran rock ini sukses rebut posisi teratas UK Album Chart dan Billboard 200 Amerika Serikat. Tak sampi di situ, predikat Best British Album dari BRIT Awards pun berhasil Coldplay bawa lewat album ini.

Baca juga: SD Swasta Solo Mahal, Dewan Pendidikan: Hilangkan Gengsi, Sekolahkan Sesuai Kemampuan

Tiga tahun setelahnya, Album ke-4 mereka, Viva la Vida or Death and All His Friends pun rilis pada 2008. Diproduksi oleh Brian Eno dan mendapat tanggapan positif, album ini berhasil memenangi beberapa nominasi Grammy Award ke-51.

Rebut Posisi Puncak di 34 Negara

Pada tahun 2011, Coldplay lanjutkan perilisan albumnya. Album ke-5 mereka kali ini bertajuk Mylo Xyloto yang kembali mendapat banyak tanggapan positif hingga memuncaki tangga album di 34 negara dan menjadi album rock terlaris di Britania Raya tahun 2011 dengan lagu andalannya, Paradise.

Pada Maret 2014, mereka mengumumkan album ke-6 dengan berjudul Ghost Stories yang rilis pada 19 Mei 2014. Setahun sesudah itu,  album “A Head Full of Dreams” rilis pada 4 Desember 2015. Pada tahun 2017, Coldplay kembali manjakan para pecinta musik lewat hitsnya yang bertajuk Something Just Like This. Dalam membawakan lagu tersebut, Coldplay lakukan kolaborasi dengan The Chainsmokers.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada 22 November 2019, Coldplay merilis album berjudul “Everyday Life”. Rilisnya album kedelapan ini dibagi ke dalam dua bagian, yakni Sunrise dan Sunset.

Diskografi SoloposFM

SoloposFM mengupas perjalanan karier musisi, penyanyi, band lokal atau mancanegara dalam program khusus Diskografi. Sobat Solopos juga bisa mendengarkan koleksi lagu milik musisi tersebut dalam pembawaan program yang santai. Diskografi hadir setiap hari Sabtu pukul 19.00-20 WIB.

 

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar