• Monday, 27 September 2021
  • Waktu Server 22:29 WIB

Diskografi: Berkenalan dengan Judika, Sang Peraih Penghargaan Internasional

Caption: Judika (Instagram/@jud1ka)

SoloposFM, Judika Nalon Abadi Sihotang atau dikenal sebagai Judika adalah salah satu penyanyi ternama Indonesia. Penyanyi kelahiran 31 Agustus 1978 tersebut memulai karier profesionalnya lewat sebuah ajang pencarian bakat, yaitu Indonesian Idol Musim Kedua. Pada ajang bergengsi tanah air itu, ia berhasil keluar sebagai runner-up. Usai ajang tersebut, pada tahun 2005 album pertamanya, bertajuk Seri Cinta akhirnya rilis. Album tersebut merupakan album kompilasi kedua yang dibuat untuk dua belas finalis Indonesian Idol musim kedua. Pada album kompilasi tersebut, ia didaulat untuk membawakan lagu ‘Sakura’ milik Fariz RM.

Dua tahun berselang, Judika kembali dengan albumnya yang baru. Album tersebut ia beri nama ‘One’ dan rilis pada 22 Januari 2007 silam. Lagu tersebut berisi sepuluh buah lagu dengan lagu andalannya, Bukan Rayuan Gombal. Perilisan album tersebut kemudian diikuti oleh albumnya yang lain. Album selanjutnya ia beri nama Setengah Mati Merindu. Album tersebut beredar di pasaran secara resmi pada November 2010 dengan lagu ‘Setengah Mati Merindu” sebagai lagu utamanya.

Setelah tiga tahun sejak perilisan albumnya, Judika akhirnya kembali dengan album teranyarnya pada 2013. Album tersebut bertajuk Judika Mencari Cinta yang merupakan album studio ketiga Judika. Lagu utamanya ialah Mama Papa Larang. Menurut Judika lagu Mama Papa Larang terinspirasi dari kisah cintanya dengan sang pacar yang saat ini menjadi istrinya.

Prestasi yang Konsisten

 

Pada tahun yang sama Judika juga berhasil membawa pulang piala Penyanyi Pria Terbaik dalam ajang Planet Muzik Award. Planet Muzik Award merupakan ajang bagi para penyanyi serumpun, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Tak hanya itu, ia pun berhasil pertahankan gelar tersebut selama 3 tahun berturut-turut.

Baca juga: Keren! Pemuda Malangjiwan Ubah Sampah Jadi Berkah Melalui Project Sedekah Sampah

Kemudian, tahun 2015 Album Hati & Cinta milik Judika hadir meramaikan dunia musik Indonesia. Lagu ‘Sampai Kau Jadi Milikku’ menjadi andalan dari album tersebut. Judika pun sempat mengatakan bahwa album tersebut diberi nama Hati & Cinta lantaran berisi curahan hatinya untuk orang-orang yang ia sayang.

Pada 2015 Judika merangkum lagu-lagu terbaiknya menjadi sebuah album dengan judul The Best of Judika. Perilisan album tersebut berlanjut dengan Album ‘Judika’ pada 7 April 2017. Lagu utama dari album tersebut bertajuk Jadi Aku Sebentar Saja yang juga sempat menjadi soundtrack sebuah sinetron. Selepas itu Judika belum terdengar merilis album-album baru. Namun, ia tetap rutin merilis single-single baru, salah satunya Cinta Karena Cinta pada tahun 2019.

Lama tak terdengar, penyanyi jebolan Indonesian Idol tersebut ternyata telah merilis enam buah lagu vertepatan dengan pandemi. Empat di antaranya adalah lagu pop Indonesia, selebihnya adalah lagu pop daerah. Empat lagu pop yang ia ciptakan adalah: Tak Mungkin Bersama”, “Tersenyumlah Sobat”, “Putus atau Terus”, dan “Hilang Tapi Ada”. Sedangkan dua lagu daerahnya, yaitu “Begema Hasian” dan “Tul Jaenak”.

Baru-baru ini sekitar akhir Agustus 2021, Judika rilis lagunya bersama sang istri, Duma Riris. Lagu tersebut berjudul Cinta Ini Milik Kita. Perilisan lagu tersebut terbilang spesial. Pasalnya, tanggal perilisan lagu Cinta Ini Milik Kita tersebut bertepatan dengan ulang tahun pernikahannya dengan sang istri, yaitu pada 31 Agustus 2021.

Diskografi SoloposFM

SoloposFM mengupas perjalanan karier musisi, penyanyi, band lokal atau mancanegara dalam program khusus Diskografi. Sobat Solopos juga bisa mendengarkan koleksi lagu milik musisi tersebut dalam pembawaan program yang santai. Diskografi hadir setiap hari Sabtu pukul 19.00-20 WIB.

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar