BPJS Kesehatan Surakarta Sosialisasikan Program JKN-KIS

BPJS Kesehatan Surakarta Sosialisasikan Program JKN-KIS

SoloposFM – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pemberian informasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Surakarta menggelar sosialisasi Program JKN-KIS. Dihadiri sekitar 25 peserta pengguna layanan cuci darah, kegiatan ini berlangsung di Sukoharjo, Selasa (15/09).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Rahmad Asri Ritonga mengatakan BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang menyelenggarakan jaminan kesehatan mempunyai tugas memberikan informasi mengenai penyelenggaraan Program JKN-KIS kepada peserta dan masyarakat.

Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan merupakan kebijakan baru yang penting untuk diketahui peserta JKN-KIS. Masih cukup banyak masyarakat yang belum memahami hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS serta prosedur penggunaan KIS,” katanya.

Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 sebagai upaya membangun ekosistem JKN-KIS yang sehat dan berkesinambungan. “Kebijakan ini mengatur penyesuaian iuran JKN-KIS demi keberlangsungan layanan kesehatan bagi masyarakat. Tak hanya itu, perpres ini juga mengatur program keringanan pembayaran tunggakan JKN atau program relaksasi tunggakan. Teknisnya, peserta yang memiliki tunggakan JKN lebih dari enam bulan dan status kepesertaannya non aktif, dapat membayar tunggakannya cukup enam bulan ditambah satu bulan iuran berjalan, agar status kepesertaannya aktif kembali. Kelonggaran pelunasan tunggakan ini berlaku sampai dengan tahun 2021,” tambahnya.

BPJS Kesehatan terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan bagi peserta JKN-KIS. Diantaranya, mengoptimalkan petugas Penanganan Pengaduan Peserta (PPP) RS, penyederhanaan prosedur layanan cuci darah, perluasan RS dalam penyediaan sistem antrean elektronik, perluasan RS dalam penyediaan display tempat tidur di RS, pembuatan display RS untuk waiting list tindakan operasi dan integrasi sistem informasi FKTP dan FKRTL dengan sistem informasi BPJS Kesehatan.

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!