BPJS Kesehatan Sosialisasi Aplikasi Pcare Vaksin Covid-19

BPJS Kesehatan Sosialisasi Aplikasi Pcare Vaksin Covid-19

SoloposFM – Dalam rangka memaksimalkan tersampaikannya informasi terbaru dan meningkatkan pemahaman terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Surakarta melaksanakan sosialisasi aplikasi Pcare Vaksinasi Covid-19, Senin (22/3/2021).

Kegiatan berlangsung di Surakarta dan dihadiri oleh 222 perwakilan fasilitas kesehatan (faskes) vaksinator di wilayah Cabang Surakarta.

BPJS Kesehatan mendukung vaksinasi covid-19 dalam rangka upaya penanganan penyebaran virus covid-19. Peran dan dukungan BPJS Kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi ini adalah penyediaan aplikasi Primary Care (Pcare) Vaksinasi Dinas Kesehatan, Pcare Vaksinasi faskes, dan sosialisasi aplikasi Pcare kepada Dinas Kesehatan serta faskes,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Army Maria Ulfah.

Aplikasi Pcare vaksinasi Dinas Kesehatan adalah aplikasi yang digunakan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk melakukan pendaftaran faskes yang akan memberikan pelayanan vaksinasi (faskes vaksinator) dan aplikasi Pcare vaksinasi faskes adalah aplikasi yang digunakan oleh faskes vaksinator untuk melakukan pencatatan pelayanan vaksinasi.

Ketentuan terkait tahapan, sasaran penerima vaksin, kriteria faskes vaksinator, dan ketentuan lain pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 diatur oleh Kementerian Kesehatan maupun Tim Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Aplikasi Pcare vaksin pertama kali dirilis oleh BPJS Kesehatan pada Desember 2020, tetapi dalam pelaksanaan di wilayah Cabang Surakarta, kick off pertama kali oleh Kota Surakarta pada tanggal 13 Januari 2021. Sedangkan empat kabupaten lainnya menyusul setelahnya, sesuai dengan Dinas Kesehatan setempat.

Aplikasi ini telah tujuh kali dilakukan pengembangan untuk penyempurnaan fitur-fitur sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan. Pcare vaksin covid-19 mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, mencatat, dan melaporkan hasil pelayanan vaksinasi.

Untuk saat ini, aplikasi Pcare vaksin telah 100 persen digunakan oleh faskes vaksinator dan Dinas Kesehatan di wilayah Cabang Surakarta,” tambahnya.

Terdapat tiga menu utama dalam aplikasi Pcare vaksin covid-19, yakni daftar penerima vaksin, pencatatan pelaksanaan vaksin, dan pencatatan pelaksanaan vaksin manual. Pcare vaksin covid-19 diintegrasikan dengan Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.

[Diunggah oleh Mita Kusuma]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!