• Monday, 18 October 2021
  • Waktu Server 07:43 WIB

Bioskop Kembali Dibuka, Sobat Solopos: Prokes Harus Ketat!

Caption: Persiapan pembukaan bioskop XXI The Park Mall. (Istimewa/Dokumentasi The Park)

SoloposFM, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali memberikan pelonggaran pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Setelah mall, pusat perbelanjaan, dan destinasi wisata diizinkan buka, Pemkot akhirnya memberi lampu hijau untuk operasional bioskop.

Pembukaan kembali gedung pertunjukan film ini sebenarnya sudah pernah dilakukan pada Maret lalu. Namun akhirnya, bioskop kembali tak diijinkan beroperasi setelah kasus Covid-19 Solo melonjak.

Menyikapi hal tersebut, syarat untuk bisa menonton bioskop juga menjadi cukup ketat. Namun secara umum, syarat tersebut termasuk penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

 

Apa Sajakah Syarat Menonton di Bioskop?

Seperti dikutip dari Solopos.com, Public Relations The Park Mall, Christina Tri Mawarti, mengatakan ada sejumlah syarat yang mesti pengunjung penuhi untuk menonton di bioskop. Pertama, mereka harus check in scan barcode (QR Code) dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Artinya, mereka mesti check in dengan aplikasi ini sebanyak dua kali, yakni sebagai syarat masuk mal dan masuk bioskop.

Kedua, hanya pengunjung yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis yang boleh masuk atau bertanda hijau pada aplikasinya. Selama ini, pengunjung bertanda kuning atau tanda telah vaksin dosis pertama di aplikasi PeduliLindungi, masih mendapat izin masuk mal.

Lebih lanjut merujuk pada Instruksi Bupati No. 13 Tahun 2021 dan Surat Edaran Wali Kota Solo No. 067/2899, bioskop dapat beroperasi dengan ketentuan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap pengunjung dan pegawai. Selain itu, kapasitas maksimalnya adalah 50% dan hanya pengunjung kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk.

Baca juga: Perkuat Jaringan, PHRI Sukoharjo Adakan Roadshow

Namun demikian, pengunjung usia kurang dari 12 tahun dilarang masuk. Pengunjung juga tidak diperbolehkan makan maupun minum dan pihak bioskop dilarang menjual makanan dan minuman di area bioskop.

 

Opini Sobat Solopos

Mayoritas Sobat Solopos dalam program Dinamika, Jum’at (17/09/2021), mengaku antusias dengan kembali beroperasinya bioskop. Namun, mereka juga mengungkapkan bahwa hal tersebut harus sejalan dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Berikut sejumlah opini mereka.

“Sekarang saya jarang atau bahkan tidak pernah lagi ke gedung bioskop. Apalagi saat pandemic seperti sekarang. Imun bisa tambah dengan banyak cara. Yang penting, hati selalu bungah seperti kata Jodilee Warwick,” ungkap Sriyatmo.

“Saya setuju kalau tempat hiburan kembali buka karena masyarakat sangat butuh hiburan. Namun, ya harus patuh aturan,” tutur Maria.

“Dengan beroperasi kembalinya gedung bioskop di Solo raya, saya dan istri sangat senang. Hal tersebut karena dengan nonton film bisa menjadikan imun kita bertambah. Namun yang terpenting, penonton harus taati prokes dan jangan sampai petugas lengah menghadapi penonton yang bandel,” tulis Priyanto.

“Menurut saya bagus ya karena dengan hiburan tersebut imun bisa meningkat. Tetapi ya itu, prokes harus ketat dan para petugas harus tegas,” tutup Wahyu.

 

 

[Diunggah oleh Dany Sekty Anggoro]

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar