Bincang Kesehatan, Kenali Gejala Pneumona Bersama Puskesmas Jayengan

Bincang Kesehatan, Kenali Gejala Pneumona Bersama Puskesmas Jayengan

SoloposFM, Flu, demam dan batuk dengan durasi yang lebih lama dibandingkan flu biasa, hati-hati! Jangan-jangan itu gejala Pneumonia. Bincang sore bersama Dinas Kesehatan kota Solo, Selasa (25/02/2020) membahas Pneumonia secara mendalam, bersama dr. Restu Guddari dari UPT Puskesmas Jayengan.

Pneumonia adalah kondisi di mana seseorang mengalami infeksi yang terjadi pada kantung-kantung udara dalam paru-paru orang tersebut. Infeksi yang ditimbulkan pneumonia bisa terjadi pada salah satu sisi paru-paru maupun keduanya. Kantung udara yang terinfeksi tersebut akan terisi oleh cairan maupun pus (dahak purulen). Infeksi virus, bakteri, ataupun jamur adalah penyebab utama pneumonia. Pneumonia lebih dikenal sebagai paru-paru basah di Indonesia.

Penyakit ini bukan hanya dapat menimpa orang dewasa, melainkan juga terjadi pada anak-anak, hingga bayi yang baru lahir.

Penyebab dan Faktor Risiko Pneumonia

Penyebab dari pneumonia beragam, tetapi berdasarkan organisme dan tempat penyebarannya, pneumonia dibedakan menjadi dua, yaitu pneumonia komunitas yang penyebarannya terjadi di komunitas (lingkungan umum) dan pneumonia yang ditularkan di rumah sakit. Organisme yang bisa menjadi penyebab pneumonia ditularkan di lingkungan umum berbeda dengan di rumah sakit, umumnya organisme yang mengakibatkan pneumonia yang ditularkan pada rumah sakit lebih sulit untuk diobati.

Meskipun bisa terjadi pada siapa saja, tetapi beberapa orang lebih rentan untuk terkena pneumonia, seperti anak-anak usia 2 tahun dan di bawah 2 tahun, Orang dewasa di atas usia 65 tahun, dirawat di ruang ICU dan menggunakan ventilator (alat bantu napas) dan orang yang memiliki imunitas tubuh rendah (seperti pengidap HIV) atau orang yang mengonsumsi obat yang mensupresi sistem imun, dan sedang berada di rangkaian pengobatan kemoterapi.

Gejala Pneumonia

Indikasi dan juga gejala ringan dari pneumonia umumnya menyerupai gejala flu, seperti demam dan batuk. Gejala tersebut memiliki durasi yng lebih lama bila dibandingkan flu biasa. Jika dibiarkan dan tidak diberikan penanganan, gejala yang berat dapat muncul, seperti:

Pencegahan Pneumonia

Pneumonia dapat dicegah melalui beberapa upaya, yaitu:

  • Vaksinasi.
  • Memiliki kebersihan diri yang baik.
  • Tidak merokok.
  • Menjaga imunitas tubuh tetap baik dengan konsumsi makanan yang sehat dan rajin berolahraga.

Interaktif

Anda bisa berinteraksi dalam bincang sore bersama Dinas Kesehatan kota Solo, dengan mengirim SMS ke 081226103103, dan 0816673103 atau telepon [0271] 739389, 739367, atau instagram @soloposfmsolo, ataupun mention kami di twitter SOLOPOS FM di @soloposfm, fanpage kami di Solopos103FM Whatsapp kami di 081 226 103 103. Program ini disiarkan langsung setiap Selasa, pukul 15.00-16.00.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment