• Friday, 19 August 2022
  • Waktu Server 02:46 WIB

Batik Solo Trans, Solusi Transportasi Publik Aman Nyaman dan Bebas Macet !

Caption: Bersama Ika Wibowo, Hari Prihatna selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Teman Bus dan Tim Bengawan Solo Trans, yuk Sob, ikuti jelajah SoloposFM keliling kota Solo dengan BST.

SoloposFM, Kota Solo disebut sebagai daerah dengan jumlah mobil terbanyak di Jawa Tengah pada 2021. Hal ini berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com pada situs resmi BPS Jateng yang dikutip pada Kamis, 23 Juni 2022.

Adapun jumlah mobil di Kota Solo 2021 sebanyak 287.764 unit. Dengan jumlah penduduk Kota Solo 522.364 jiwa pada 2020, dapat disebutkan 50 persen lebih masyarakat Kota Solo memiliki mobil.

Punya mobil terbanyak di Jawa Tengah, Kota Solo juga diklaim sebagai kota terpadat di Jawa Tengah. Kepala BPS Kota Solo, Totok Tavirijanto mengatakan tingkat kepadatan penduduk di Kota Solo jauh lebih tinggi dibanding Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi. Maka dari itu, Solo juga ditetapkan sebagai kota terpadat di Jateng.

Sebagai kota yang tengah berkembang menuju kota metropolis, masalah transportasi menjadi problem serius yang membutuhkan perhatian serius. Titik-titik kemacetan mulai bermunculan di berbagai ruas jalan yang ada di dalam kota.

Rendahnya kesadaran menggunakan transportasi massal dan memilih kendaraan pribadi, bukan semata karena salahnya masyarakat. Banyak faktor yang turut mempengaruhi, salah satu di antaranya adalah ketersediaan moda transportasi massal yang laik, nyaman dan aman.

Agar bisa mengubah pola mobilitas warga dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum sejumlah upaya dilakukan, diantaranya dengan memaksimalkan layanan transportasi publik. Dirintis sejak 2010, Kota Solo menghadirkan Batik Solo Trans (BST).

Pengembangan dilakukan dengan berbagai tahap. Mulai dari perbaikan armada, perbaikan pelayanan, hingga konsep buy the service (2018-sekarang). Dari perluasan daya jelajah, BST sudah bisa menghubungkan layanan transportasi publik yang melayani penumpang di permukiman dengan feeder dan penumpang di jalan utama dengan BST. Yang juga terkoneksi dengan angkutan aglomerasi Trans Jateng.

 

Simak Videonya

 

Ika Wibowo bersama Bapak Hari Prihatna selaku Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Teman Bus dan Tim Bengawan Solo Trans akan mengajak Sobat Solopos  keliling kota Solo dengan BST.

Apa saja fasilitasnya? Simak keseruan kami keliling kota Solo tanpa macet.

 

 

Simak juga di Bincang Spesial Lintas Kota tentang Batik Solo Trans, Kamis, 21 Juli 2022, Pukul 10.00-11.00 WIB

 

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar