• Monday, 27 September 2021
  • Waktu Server 22:53 WIB

Bansos PPKM, Pendengar SoloposFM: Kapan Cairnya?

Caption:

SoloposFM,  Pemerintah kembali menggelontorkan beragam bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat, termasuk ibu hamil hingga anak sekolah berupa uang tunai dan sembako sebagai tindak lanjut pelaksanaan PPKM Darurat dan PPKM Level 4.

Adapun bantuan tersebut merupakan bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 300.000 per bulan.

Untuk mengecek daftar penerima, masyarakat bisa mengunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.

Baca juga : Pemkab Sukoharjo Dan Konimex Luncurkan Sentra Vaksinasi Covid-19 Di The Park Mall Solo Baru

 

Kapan Cair?

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pencairan BLT Rp 300.000 per bulan selama dua bulan mulai cair pada Juli 2021. Sementara untuk PKH, besaran bantuan akan disesuaikan dengan anggota keluarga penerima.

Pemerintah juga memperpanjang diskon listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Insentif ini berlaku sampai September 2021.

Selain itu, Pemerintah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) berbentuk subsidi gaji untuk pekerja formal di sektor non esensial dan non kritikal di wilayah yang terkena dampak dari penerapan PPKM level 4.

Baca juga : Anak Bosan Kala PPKM, Psikolog : Orangtua Harus Bahagia Dulu!

 

Calon penerima subsidi gaji adalah mereka yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan. Data calon penerima akan diverifikasi dan divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan. Pemerintah akan memberikan subsidi gaji kepada 8 juta pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan. Subsidi yang diberikan sebesar Rp500 ribu per bulan untuk dua bulan.

 

Opini Pendengar SoloposFM

 

Dalam Dinamika 102 SoloposFM, Rabu (28/7/2021) pendengar SoloposFM hampir semua mengaku belum menerima bansos tersebut.

Berikut sejumlah opini mereka:

“Alhamdulillah. Saya dapat BST,” ungkap Nur Syamsiah.

“Kalau saya tidak termasuk dari golongan penerima bansos. Saya bersyukur kalau tidak salah ada keringanan PPH dari Januari sd Juli yang sudah saya terima dan bisa nambah untuk belanja sembako. Buat mereka yg belum dapat harap bersabar saja semoga dalam waktu dekat bisa cair,” ungkap Priyanto.

‘Belum menerima. Saya cek BPUM lewat KTP, nama saya terdaftar sebagai penerima Rp1.200.000. tapi setelah saya tanyakan  ke pihak BRI, jawabannya belum cair,” papar Atik Sutaryo.

“Kapan cairnya? Saya terdaftar sebagai penerima dari sektor UMKM terdampak, tapi hingga kini belum mendapatkan info kapan cairnya,” ungkap Dewi.

 

Pencairan Bansos Solo

 

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat untuk 63 ribu warga Kota Solo mulai cair awal pekan ini. Proses pembagian diprediksi bakal berlangsung lebih lama dibandingkan dari penyaluran bansos sebelumnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Solo, Tamso, kepada Solopos.com mengatakan pembagian BST kali ini menggunakan protokol kesehatan yang lebih ketat. Pembagian BST yang biasanya rampung 1-2 hari, kali ini diperkirakan selesai 4 hari bahkan lebih. Selain itu, warga yang kesulitan untuk hadir ke kelurahan akan mendapatkan kemudahan. Panitia akan mengantarkan bantuan tersebut ke rumah warga.

Tamso menjelaskan bahwa 63 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 300 ribu untuk sebulan. Mereka akan langsung menerima bantuan untuk dua bulan ditambah beras 10 kilogram.

Selain program BST, ada sekitar 30 ribu warga penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 16 ribu penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Melalui dana APBD Kota Solo, pemkot juga bakal menyalurkan bantuan untuk sekitar 40 ribu orang.

 

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

 

About author
Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar