Antrean Online Berikan Kemudahan Faskes dan Peserta JKN-KIS

Antrean Online Berikan Kemudahan Faskes dan Peserta JKN-KIS

SoloposFM – BPJS Kesehatan mengembangkan sistem antrean online yang terhubung langsung dengan Aplikasi Mobile JKN. Sistem antrean online terintegrasi adalah sistem antrean pelayanan fasilitas kesehatan yang berkelanjutan dan berbasis digital.

Dengan sistem antrean online memberikan banyak manfaat baik Fasilitas Kesehatan dan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sistem ini mampu memberikan kepastian waktu dan layanan yang lebih cepat,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Army Maria.

Hal ini dikatakan dalam Pertemuan Sosialisasi Sistem Antrean Online Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Surakarta, Jumat (21/02). Sejumlah 250 FKTP di wilayah BPJS Kesehatan Cabang Surakarta hadir dalam acara tersebut.

Sistem ini telah terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN, sehingga peserta yang akan berobat di FKTP dapat mengambil nomor antrean melalui aplikasi tersebut. Peserta mendapat informasi waktu tunggu yang pasti. Dengan adanya kepastian waktu tunggu tersebut, penumpukan pasien di ruang tunggu FKTP dapat berkurang,” ujarnya.

Dalam rilis yang diterima Solopos FM, Jumat (21/02), Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Rahmad Asri Ritonga mengingatkan komitmen fasilitas kesehatan terhadap kerja sama yang telah disepakati dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dengan fasilitas kesehatan adalah tim yang mempunyai andil besar untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat, sehingga diperlukan effort yang lebih besar untuk mematuhi komitmen yang telah disepakati dengan lebih meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan saling memahami isi dari kontrak.

Per bulan Februari 2020, jumlah FKTP di wilayah Cabang Surakarta adalah sejumlah 395, dengan rincian FKTP Kota Surakarta sebanyak 80, Kabupaten Sukoharjo sebanyak 89, Kabupaten Wonogiri sebanyak 67, Kabupaten Karanganyar sebanyak 79 dan Kabupaten Sragen sebanyak 80. Beberapa kanal layanan administrasi, pemberian informasi dan penyampaian pengaduan yang dikembangkan BPJS Kesehatan, diantaranya Aplikasi Mobile JKN, Care Center 1500 400, PIPP RS dan Mobile Customer Service atau yang dikenal dengan BPJS Kesehatan Jemput Bola.

[Mita Kusuma]

Post Comment