651 Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Lakukan EAT Secara Daring

651 Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Lakukan EAT Secara Daring

SoloposFM, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo menyelenggarakan Evaluasi Akhir Tema (EAT) secara online, menyusul belum berakhirnya penyebaran virus  Covid-19.  Evaluasi berlangsung mulai Sabtu (30/05/2020) hingga Selasa (9/6/2020).

Peserta didik mengerjakan soal ujian dari rumah masing-masing menggunakan smartphone atau laptop. Soal ujian bisa diakses setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 06.00 WIB hari berikutnya atau selama 23 jam.

Sejumlah materi pelajaran yang diujikan diantaranya Al Islam/PAI, Hijaiyah, Bahasa Arab, Jawa, Inggris, Matematika, hingga Tematik dan Kemuhammadiyahan. Tipe soal yang diujikan merupakan pilihan ganda. Setidaknya sebanyak 651 siswa mengerjakan EAT tersebut secara daring.

”Kelas I hingga V melakukan evaluasi akhir tema semester II secara daring. Hal ini dilakukan karena pertemuan langsung di sekolah masih dilarang untuk menghindari penularan Covid-19. EAT ini menjadi salah satu syarat penilaian untuk kenaikan kelas,” ungkap Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Hj Sri Sayekti MPd melaui Wakil Kepala bidang Humas Jatmiko dalam rilis yang diterima Solopos FM.

 

Schoology

Langkah ini, menurut Sayekti adalah penerapan motto Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya Rujukan Nasional di era teknologi 4.0 yang semakin berkembang. Sebelumnya, para guru sudah dilatih oleh ketua tim IT sekolah, Lilik Haryono Skom. Mereka kemudian membuat soal menggunakan program Schoology.

“Dibutuhkan gotong royong berskala besar, khususnya peran orangtua siswa dalam memperlancar kegiatan sekolah secara online. Tentu juga tidak melupakan kedisiplinan walaupun pengawasan secara online,’ papar Jatmiko.

Sementara itu, Wali Kelas II, Dwi Suparwanto, menyampaikan setiap soal diberi waktu penyelesaian i waktu 180 detik atau 3 menit untuk semua mapel, kecuali Matematika diberikan waktu 300 detik atau 5 menit.

“Belajar dan berdoa tetap dilaksanakan. Pengerjaan secara online tidak mengurangi semangat untuk belajar di saat ujian ini, dan anak-anak diminta membaca petunjuk dengan teliti,’ ungkap Dwi.

 

Antusiasme Siswa

Rasya Muhammad, siswa Kelas II mengaku sangat senang dapat mengerjakan soal secara lancar.

“Al hamdulillah, lancar asyik pakai Laptop, tapi agak kemrusung karena belum pernah menggunakan cara ini sehingga harus cepat-cepar, deg-degkan sedikit panik, takut salah pencet lagi seperti saat latihan,” ucap Rasya.

Sedangkan Shasmira Daiva, siswi kelas IV juga menyatakan antusiasmenya mengerjakan EAT secara online ini. Menurutnya walaupun dikerjakan dari rumah, tapi tetap harus sungguh-sungguh belajar, jujur dan teliti, karena tidak ada Ibu Bapak Guru yang mengingatkan dan mengawasi langsung seperti saat ujian di sekolah.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment

Play Streaming Now!!
Play Video Streaming Now!!