• Friday, 19 August 2022
  • Waktu Server 01:59 WIB

6 Ide Side Hustle Buat Kamu yang Butuh Uang Jajan Lebih!

Caption: Side hustle (Freepik.com)

SoloposFM, Belakangan ini side hustle ramai diperbincangkan oleh netizen. Berbeda dengan side job ( pekerjaan sampingan) yang tujuan utamanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, side hustle lebih memenuhi passion dan kepuasan pribadi. Jadi, kegiatan yang dilakukan lebih banyak terkait hal-hal yang memang disukai, karena bisa jadi pekerjaan utama yang ditekuni berbeda jauh dari apa yang menjadi hobi.

Dengan fleksibilitas yang tinggi, dapat dilakukan dimana saja, dan juga mampu menghasilkan tambahan penghasilan dengan nominal yang cukup menarik, tren side hustle kini kian digandrungi oleh generasi milenial.

Dilansir dari rukita.co dan plus.kapanlagi.com berikut 6 ide side hustle untuk menambah penghasilan

1. Fotografer

Ide Side Hustle

Fotografer (Freepik.com)

 

Untuk sobat solopos yang memiliki skill atau minat dalam membidik kamera dapat mencoba side hustle yang satu ini. Untuk memulainya, sobat solopos dapat mengambil proyek skala kecil seperti foto wisuda atau ulang tahun.

Sembari mengambil proyek skala kecil, anda dapat membangun engagement di sosial media. Jika hal ini ditekuni bisa-bisa sobat solopos menjadi fotografer profesional dengan bayaran yang besar.

 

2. Freelancer

Ide side hustle

Freelancer (Freepik.com

 

Sobat solopos yang hobi menulis atau suka banget mendesain, boleh banget mencoba jadi freelancer. Untuk permulaannya, anda fokus dulu untuk membuat portofolio dan personal branding, sehingga calon klien bisa lebih percaya dengan jasa yang ditawarkan. Setelah itu, anda dapat mematok harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan kebutuhan klien akan jasa anda. Atau sobat solopos bisa mencoba situs-situs freelancer seperti Upwork, Fiverr, Sribulancer yang akan membantu anda untuk mendapatkan klien, mulai dari dalam negeri sampai ke luar negeri!

 

3. Content creator

Ide side hustle

Content creator (Freepik.com)

 

Konten kreator memiliki banyak jenisnya, mulai dari kecantikan, makanan, mainan, ekonomi, atau apapun yang menjadi kesukaan sobat solopos. Sobat Solopos dapat menjadi blogger yang menulis tentang hal yang disukai atau vlogger yang hasilnya nanti berupa video yang dapat di upload ke YouTube, Instagram, atau TikTok.

Kalau konten yang anda buat menarik dan mendapatkan engagement yang baik dari pengguna aplikasi tersebut, anda akan dapat membuka kesempatan endorsement atau adsense dengan bayaran yang cukup menggiurkan.

 

Baca Juga : Ini Dia 5 Minuman Penurun Kolesterol, Simak Sob!

 

4. Jasa Titip

Ide side hustle

Jasa titip barang (Freepik.com)

 

Suka berbelanja? Sobat solopos dapat melakukan side hustle yang satu ini. Belakang ini jasa titip barang atau jastip sedang diminati banyak orang, mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga, laki-laki maupun perempuan. Simpelnya, anda membuka jasa beli barang produk lokal saat bepergian ke luar negeri atau luar kota. Misalnya, anda sedang traveling ke Bali dan membuka jasa pembelian oleh-oleh khas Bali.

Tidak harus membuka jastip saat traveling, anda juga bisa membuka jasa pembelian barang di toko-toko offline atau online. Contohnya ada jastip H&M, Uniqlo, hingga local brand yang sering sold out.

 

5. Open Pre-Order Masakan

Ide side hustle

Preorder makanan (Freepik.com)

 

Sejak pandemi, bisnis kuliner rumahan memang salah satu yang mengalami peningkatan cukup pesat. Tren kuliner juga banyak berkembang sehingga membuat lahan bisnis yang satu ini tetap terasa potensial. Kalau kebetulan kamu juga termasuk pecinta cooking atau baking, buka bisnis pre order makanan bisa menjadi pilihan.

Sistem pre order dinilai sangat pas untuk para pemula, karena dapat memperkirakan biaya, tenaga, hingga keuntungan dengan cara lebih efektif. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan anda bekerja lebih fleksibel untuk sobat solopos yang memiliki pekerjaan utama lainnya.

 

6. Dropshipper atau Reseller

Ide side hustle

Dropship dan reseller (Freepik.com)

 

Menjadi dropshipper dan reseller merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati, bukan hanya oleh pemula tapi juga oleh mahasiswa. Sebenarnya apa perbedaan antara keduanya?

Dropshipping adalah sistem penjualan yang tidak mengharuskan penjual untuk menyetok barang terlebih dahulu. Biasanya, pengiriman akan diurus langsung oleh supplier ke customer anda. Jadi, penjual hanya bertugas untuk memasarkan produk saja. Sedangkan reseller adalah sistem penjualan yang mengharuskan penjual membeli dan menyetok barang terlebih dahulu. Selain itu, penjual juga harus mengatur packing hingga pengiriman ke customer.

Ada berbagai jenis barang yang bisa dijual dengan sistem dropship atau resell, mulai dari makanan, pakaian, sepatu, hingga kosmetik. Side hustle ini juga dapat dilakukan dari rumah dan hanya berbekal sosial media atau melalui shopee, tokopedia, lazada dan lain-lain.

Jurnalis di Radio Solopos FM Group. Menulis konten di Solopos FM Group yaitu website soloposfm.com dan Radio Solopos FM.
Lihat Seluruh Tulisan

Tinggalkan Komentar