Halal bi Halal SD Muhammadiyah 1 Solo, Ajarkan Praktik Adab Bersalaman

Halal bi Halal SD Muhammadiyah 1 Solo, Ajarkan Praktik Adab Bersalaman

SoloposFM, Masuk pertama setelah liburan Hari Raya di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, diawali dengan halal bi halal di lapangan sekolah setempat, Rabu (12/6/2019). Diikuti sebanyak 796 anak, 43 guru, 21 karyawan dan 10 tenaga lepas. Beriringan ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum taqobbal ya Kariim, mohon maaf lahir dan batin, seluruh murid dan ustaz-ustazah berjajar rapi, berbaris saling bermaafan.


Dalam rilisnya ke Solopos FM, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Jatmiko menjelaskan, halal bihalal merupakan kegitan rutin setiap tahun. Momentumnya setelah lebaran sehingga kita bisa mempraktikkan pendidikan karakter dari sisi Religius.

”Contoh sunnah Rasulullah SAW, bersalaman bisa menggugurkan dosa-dosa antara kita dan teman,” jelas Pegiat Tahsin dan Spesialisasi bahasa Arab.


Namun, namanya peserta didik, antara teori dan praktik kadang kurang selaras. Di antara salah satu siswa, Wildan, langsung mengingatkan teman-temannya.

”Hei, jangan berebut, kita praktik disiplin antri dan ucapkan Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh punya arti yang sangat baik yaitu Semoga kedamaian dilimpahkan kepadamu diiringi dengan rahmat dari Allah dan juga barakah dari Allah untukmu,” ujar Wildan.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment