Perkuat Jiwa Sosial, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Salurkan 700 Paket Zakat Fitrah

Perkuat Jiwa Sosial, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo Salurkan 700 Paket Zakat Fitrah

SoloposFM, SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo memiliki program rutin setiap bulan Ramaddan, berupa penyaluran zakat fitrah kepada keluarga pra sejahtera. Kegiatan ini dilakukan bersama perhimpunan Filantropi Cilik dan Lazismu Solo. Dengan penuh kegembiraan anak didik menyerahkan langsung kepada penerima dengan didampingi Joko Santoso, Dafit Mursidi, Yudi Supriyadi, serta dewan guru.

Sebagaimana rilis yang diterima Solopos FM, Wakil kepala sekolah bidang Humas SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, Jatmiko, mengatakan sudah menjadi kegiatan rutin tahunan dan mendapat dukungan penuh dari orang tua.

“Al hamdulillah, ada 700 bungkus yang dibagikan pada warga yang kurang mampu dan mitra sekolah. Kegiatan ini masuk pada tema pembelajaran Ramadhan model pembelajaran kontekstual kekinian, pengamalan Rukun Islam tentang zakat, dan penerapan nilai yang terkandung dalam surat Al Maun,” katanya, Rabu (29/5/2019).


Berdasarkan surat Branch Manager LazisMu Solo Nomor A.1/BE.LAZISMU-086/2019 tentang pemberitahuan total perhimpunan filantropi cilik per kelas sebesar Rp. 14.480.100,00. Melalui kegiatan berbagi ini, siswa menjadi lebih peka terhadap kondisi di sekitarnya dan memiliki rasa empati kepada sesama.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat jiwa sosial dan empati pada peserta didik. Berkat kerjasama yang baik antara sekolah dan wali murid kegiatan berjalan lancar. Kepada semua pihak, diucapkan terima kasih. Segenap warga sekolah mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1440 H,” papar Jadmiko.

Menurutnya, menanamkan kepedulian atau sifat sosial sejak dini ini sangat penting, agar saat dewasa nanti anak terbiasa untuk membantu sesama.

“Kecil-kecil sudah menjadi amil zakat. Mulai menata, mencocokkan kartu ambil, sak atau plastik dan menyapa siswa lain”, ungkap Jadmiko.

Alhamdulillah, senang saya dapat pengalaman baru diberi tugas bagian membagi zakat,” kata Clarissa Janitradhia Zahidah, siswi kelas 3B yang bercita-cita ingin menjadi Dokter.


Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo, Sri Sayekti menambahkan program Ramadhan di antaranya tadarus al Qur’an, salat Dhuha, Nuzulul Qur’an, salat tarawih guru, pengajian jelang berbuka puasa oleh Drs. H. Teguh, M.Pd dan halal bi halal.

“Mudah-mudahan kegiana ini memberikan manfaat pada anak-anak dan sekolah, penuh keikhlasan, akhirnya menjadi manusia bertaqwa dan semangat menjadi modal ditahun ajaran baru 2019/2020,” tutur Sri Sayekti.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment