SMP Muhammadiyah PK Solo Bangun Semangat Kebaikan Lewat Lomba

SMP Muhammadiyah PK Solo Bangun Semangat Kebaikan Lewat Lomba

SoloposFMSMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Solo mempunyai cara tersendiri dalam membangun motivasi siswa dalam berbuat kebaikan. Cara tersebut adalah melalui lomba-lomba yang digelar pada kegiatan Pesantren Ramadan 1440 H di sekolah setempat pada Kamis hingga Jumat (9-10/5/2019). Kegiatan tersebut diikuti 177 siswa kelas 7 dan 8.

Sebagaimana rilis yang diterima Solopos FM, Muhamad Arif Wicagsono selaku ketua pelaksana kegiatan menyampaikan tujuan kegiatan Pesantren Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta membiasakan berlomba-lomba dalam kebaikan terutama berbuat baik. Sebanyak 177 siswa kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan dalam dua hari meliputi kegiatan perlombaan, menghafal Al Quran, dan kajian bersama Ustaz Abu Bakri Royani.

Setiap siswa wajib mengikuti masing-masing kegiatan perlombaan dalam pesantren tersebut. Lomba-lomba tersebut antara lain, lomba menghafal Al Quran juz 29 dan 30, lomba kaligrafi, lomba cerdas cermat, lomba wudu dan sholat, lomba azan, lomba membuat puisi untuk antologi puisi Ramadan. Salah satu lomba yakni Menghafal Al Quran juz 29 dan 30. Para siswa diminta untuk mampu menyambung ayat yang dibacakan oleh dewan juri.

Menurut Shafira Aurelia Ramadhani, “Memang agak susah karena kita diminta untuk menyimak ayat yang dibacakan juri kemudian melanjutkan ayat.”

“Tadi saya diminta untuk melanjutkan surat di Juz 30. Sebenarnya saya sudah hafal hingga juz 27, tetapi tadi agak susah sih. Namun, alhamdulillah saya berhasil ikut final hafalan,” ungkapnya. Ia menambahkan dalam penilaian hafalan Al Quran yang dinilai bukan hanya ketepatan melainkan juga tahsin dan tajwidnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko, mendukung penuh terselenggaranya acara tersebut. Ia pun dalam sambutan berpesan kepada anak-anak untuk memaksimalkan ibadah di bulan Ramadan.

“Ramadan ini mari kita isi dengan semangat membaca dan menghafalkan Al Quran. Jangan lupa untuk serius dalam berpuasa dan memperbanyak amalan,” jelasnya di hadapan para siswa saat pembukaan kegiatan berlangsung.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment