GO-LIFE Luncurkan Fitur Keamanan Baru dan Gerakan #MulaiRespek

GO-LIFE Luncurkan Fitur Keamanan Baru dan Gerakan #MulaiRespek

SoloposFM – Sebagai bagian dari GOJEK, GO-LIFE- aplikasi penyedia multi layanan gaya hidup terdepan di Indonesia—kembali mengujuhkan komitmen untuk terus menjadi pilihan utama pelanggan sekaligus yang terdepan dalam memberikan rasa aman dan nyaman mitranya dalam bekerja. Kali ini, GO-LIFE meluncurkan dua fitur keamanan tambahan khusus mitra yakni Know Your Customer (KYC) dan customer rating, serta mengajak masyarakat untuk mencegah pelecehan seksual dengan gerakan #MulaiRespek.

Kedua fitur tersebut sekaligus melengkapi sistem keamanan yang telah diluncurkan oleh GO-LIFE sebelumnya, melingkupi SOP Anti Sexual Harassment yang telah disosialisasikan kepada para mitra GO-LIFE; kerja sama dengan pihak kepolisian untuk memberikan penyuluhan pertahanan diri; emergency panic button di aplikasi mitra serta informasi terkait di dalam in-app message. Selain itu GO-LIFE juga memiliki tim keamanan yang selalu siap sedia 24 jam untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi mitra dan konsumen.

Dalam rilis yang diterima Solopos FM, Selasa (07/5), Head of GO-LIFE Dayu Dara mengatakan, “Kami menyadari bahwa mitra kami memainkan peranan penting dalam layanan GO-LIFE sekaligus ekosistem GOJEK. Oleh karena itu, menjaga rasa aman dan nyaman mitra dalam bekerja merupakan salah satu prioritas utama kami. Dengan fitur keamanan terbaru yakni KYC serta customer rating, diharapkan mitra kami bisa bekerja lebih baik dan menghasilkan pelayanan yang maksimal tanpa khawatir akan keamanan dan kenyamanan dirinya.”

Untuk lebih menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna dan mitra GO-MASSAGE, GO-LIFE menyarankan bagi pengguna untuk meningkatkan informasi akun melalui proses KYC dengan mengunggah foto diri bersama tanda pengenal. Di tahap awal, proses KYC ini diwajibkan bagi pengguna yang memesan layanan GO-MASSAGE di atas pukul 22.00.

Sebagian besar pengerjaan layanan GO-MASSAGE memerlukan privasi sehingga dilakukan di ruang tertutup. Untuk itu kami ingin seluruh mitra kami terlindungi keamanan dan kenyamanannya dengan memberlakukan sistem KYC terhadap pelanggan. Dengan demikian pelayanan yang dihadirkan seluruh mitra kami kepada pelanggan bisa lebih maksimal,” tutur Dara.

Selain itu, saat ini GO-LIFE juga memberlakukan customer rating pada aplikasi khusus mitra. Di mana para mitra dapat memberikan rating serta komentar terhadap pelanggan usai menjalankan order. Rating yang diberlakukan mulai bintang satu hingga lima. Diharapkan lewat fitur ini, baik mitra dan pelanggan bisa merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan aplikasi GO-LIFE.

Ajak Masyarakat Cegah Pelecehan Seksual dengan Gerakan #MulaiRespek

Dara melanjutkan, tak hanya peningkatan performa aplikasi lewat teknologi, GO-LIFE juga melakukan upaya mitigasi risiko lewat program edukasi yang dilakukan terhadap para mitra juga masyarakat. Sebagai bagian dari rangkaian untuk meningkatkan upaya perlindungan terhadap para mitra, khususnya perempuan, GO-LIFE luncurkan gerakan #MulaiRespek.

Saat ini, topik kekerasan seksual menjadi salah satu perhatian masyarakat pengguna layanan on-demand, tetapi edukasi mengenai topik tersebut seringkali dianggap tabu. Melihat kondisi tersebut, GO-LIFE berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai kekerasan seksual sekaligus membekali mitranya agar terhindar dari perilaku tersebut,” kata Dara.

Lewat kegiatan #MulaiRespek, GO-LIFE menggandeng beberapa institusi seperti Bareskrim Polri bagian Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) untuk menggelar pelatihan terkait dengan keamanan dan keselamatan kerja bagi lebih dari 3500 mitra GO-MASSAGE. Para mitra GO-MASSAGE juga dibekali dengan pelatihan berisi teknik dasar bela diri dari tim GO-LIFE yang terlatih. Lewat pelatihan ini, diharapkan dapat mencegah mitra GO-MASSAGE menjadi korban kekerasan seksual.

AKBP Rita Wulandari Wibowo – Kanit IV Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri mengatakan “Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari GO-LIFE dalam memberikan pengetahuan kepada mitranya akan keamanan dan keselamatan dalam bekerja. Masyarakat perlu menyadari bahwa risiko bahaya bisa dihadapi oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, kami ingin menggunakan kesempatan baik ini untuk menghimbau masyarakat agar selalu waspada dalam beraktivitas. Khusus untuk mitra GO-MASSAGE, kami anjurkan untuk selalu mengikuti aturan dan panduan yang telah ditetapkan GO-LIFE demi keamanan dan keselamatan.”

Selain itu, materi pelatihan disusun secara komprehensif mencakup pengetahuan tentang jenis-jenis pelecehan seksual yang harus dihindari serta langkah mitigasi risiko seperti apa yang dapat diambil apabila menghadapi kasus tersebut.

Hannah Al Rashid, Pemain Film dan Aktivis Perempuan mengatakan saat ini banyak kasus pelecehan seksual yang belum disuarakan karena masih dianggap tabu. “Maka dari itu perlu menyuarakan rasa hormat satu sama lain sebagai bentuk solidaritas dan memerangi hal tidak bermoral terjadi. Program #MulaiRespek dari GO-LIFE ini sangat berarti untuk membantu agar masyarakat tidak takut menyuarakan perlawanan dan menindak tegas segala bentuk pelecehan dan kekerasan seksual yang terjadi,” tutur Hannah

Tidak hanya kepada para mitra, gerakan #MulaiRespek turut mengajak khalayak publik untuk ikut menyuarakan #MulaiRespek dan menggalang solidaritas untuk memerangi hal-hal seperti pelecehan seksual yang kian meningkat dengan menggunakan platform digital.

GO-LIFE sangat serius dalam menciptakan ekosistem yang andal, aman dan nyaman untuk dapat melayani siapa saja dan kapan saja mereka membutuhkannya. Kedepan, pelatihan ini akan kami laksanakan di semua kota kabupaten dimana GO-MASSAGE beroperasi, selain itu kami akan terus mematangkan fitur, memberikan pelatihan kepada mitra dan menerapkan langkah mitigasi risiko, sehingga GO-LIFE maupun GO-MASSAGE dapat terus menjadi aplikasi layanan gaya hidup pilihan utama masyarakat yang aman dan nyaman baik bagi pengguna maupun mitra,” tutup Dara.

[Mita Kusuma]

Post Comment