Antusiasme Festival Kopi Perdana

Antusiasme Festival Kopi Perdana

SoloposFMHajatan perdana Festival Kopi with Solopos FM yang digelar di parkir timur De Tjolomadoe, Jumat (03/05/2019), disambut antusias para pecinta kopi.

Acara yang digelar bersamaan Solo Best Brand Index-Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2019 berkonsep brand concert dengan bintang tamu spesial Padi Reborn itu diramaikan 18 pelapak dari kedai, kafe, dan komunitas kopi. Ada juga 11 lapak foodtruck makanan dan kopi.

Sebanyak 1.500 gelas kopi dibagikan secara cuma-cuma dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbut) Provinsi Jawa Tengah untuk pengunjung acara. Pembagian kopi digelar tiga sesi yakni pukul 16.00 WIB, 19.00 WIB, dan 21.00 WIB.

Salah satu daya tariknya dari free kopi. Tadi sempat mencoba robustanya,” tutur Rosyid Aditya, 20, salah satu pengunjung yang khusus datang ke Festival Kopi with Solopos FM, setelah melihat informasi acara bertebaran di media sosial.

Mahasiswa Etnomusikologi ISI Solo ini tak cuma datang untuk kopi gratisan. Dia juga menjajal racikan kopi dari kafe Black Bird dan Kopi Pak Agus. “Khusus ke sini buat coba beberapa kopi. Enak juga datang ke festival ini, beberapa harganya lebih murah dari kedai,” imbuhnya.

Pengunjung lain, Dian Sasmita, 38, tergerak datang ke festival kopi ini untuk berjejaring dengan sejumlah pemasok biji kopi. Sebagai pengelola kedai kopi, Dian mendatangi acara tersebut untuk berburu produk kopi sesuai kebutuhannya.

Di sini tadi sempat berbincang dengan beberapa kedai. Akhirnya dapat pemasok kopi dari Temanggung yang sesuai spek dan cocok harganya,” jelasnya.

Tak cuma memanjakan pecinta kopi, ajang ini juga direspons positif pengusaha kahwa. Pemilik kedai D’Coffee Club, Sahil Mulachela, mengaku baru sebulan membuka kafe di Jl Kiai Mojo No. 108 Pasar Kliwon Solo.

Ajang ini saya gunakan untuk promosi sekalian tes pasar. Ini festival perdana yang kami ikuti. Hasilnya sesuai ekspektasi,” jelas Sahil.

Stasion Manager Solopos FM, Intan Nurlaili, menuturkan acara perdana festival kopi yang diselenggarakannya digarap dengan konsep atraktif. Selain menghadirkan kopi gratis untuk memantik pengunjung, pihaknya juga membuat acara berlangsung meriah.

Kami gandeng komunitas otomotif klasik. Sehingga banyak spot foto untuk pengunjung. Ada juga bincang komunitas. Selain itu dialog pengenalan tenant kepada pengunjung,” jelasnya.

Menurut Intan, acara perdana Festival Kopi with Solopos FM merupakan ajang pemanasan untuk festival dengan skala lebih besar. “Acara ini animonya luar biasa. Ada sinergi dari pengunjung, kedai, komunitas, dan pemerintah. Ini baru awalan. Harapannya nanti festival lebih besar bisa lebih sukses,” kata dia.

Rangkaian Acara Pengisi Festival Kopi with Solopos FM

16.00 WIB Pembukaan dan talkshow program kemitraan Pertamina

17.00 WIB Pembagian kopi gratis sesi pertama

19.00 WIB Talkshow bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbut) Jawa Tengah dan pembagian kopi gratis sesi kedua

19.30 WIB Demo seduh manual dari Inbar Surakarta Coffee Enthusiast

21.00 WIB Pembagian kopi gratis sesi ketiga

[Mahardini Nur Afifah/ Avrilia Wahyuana]

Post Comment