Rayakan Hari Kartini, Srikandi GOJEK Solo Dapat Pelatihan Khusus

Rayakan Hari Kartini, Srikandi GOJEK Solo Dapat Pelatihan Khusus

  • GOJEK pelopori wadah pengembangan keterampilan khusus mitra driver bertajuk Bengkel Belajar Mitra (BBM).

  • Lewat rangkaian kegiatan BBM, GOJEK menghadirkan lebih banyak lagi mitra yang memberikan pelayanan andal serta sejahtera.

  • Sejak Oktober 2018, BBM telah menjangkau lebih dari 1.000 mitra driver di 5 kota dan ke depannya direncanakan untuk hadir di seluruh Indonesia secara bertahap.

SoloposFM – Sebagai penyedia layanan ride-hailing pertama dan terbesar di Indonesia, GOJEK terus berupaya mengukuhkan posisinya sebagai pilihan utama masyarakat. Untuk itu GOJEK mempelopori hadirnya wadah pengembangan keterampilan yang dirancang khusus bagi para mitra driver. Sebagai yang pertama di Indonesia, wadah bertajuk Bengkel Belajar Mitra (BBM) ini menghadirkan dua jenis pelatihan, yaitu Pengembangan Layanan Prima dan Pengembangan Kemampuan Diri yang bertujuan untuk memperkaya keterampilan mitra agar menjadi sumber daya yang semakin berkualitas.

Khusus untuk merayakan Hari Kartini, GOJEK wilayah Solo menggelar Bengkel Belajar Mitra (BBM) dengan peserta para mitra driver wanita atau yang biasa disebut Srikandi GOJEK. Dalam pelatihan khusus kali ini, sesuai masukan dari para mitra diberikan dua pelatihan yaitu:

  • Self defence martial art yang mengajarkan seni bela diri untuk mengantisipasi dan menghadapi berbagai gangguan yang mungkin terjadi saat mitra driver tengah bertugas. Yang menarik pelatihan diberikan oleh Srikandi GOJEK sendiri yang memiliki sertifikasi sebagai instruktur bela diri bernama Wiwik Wigati.

  • Perawatan motor mendasar yang berisikan tips-tips sederhana dalam merawat motornya sendiri oleh mitra Srikandi, sekalipun dilakukan di rumah. Disamping itu, bilamana terjadi gangguan motor di jalan mereka sudah memiliki pengetahuan yang mendasar untuk mengatasinya. Dalam pelatihan ini, GOJEK bekerjasama dengan salah satu dealer motor terkemuka di Solo yang juga memberikan merchandise oli dan diskon layanan untuk mitra driver.

Dalam rilis yang diterima Solopos FM, Senin (22/4), Alfianto Domy Aji, Regional Head Corporate Affairs GOJEK Indonesia mengatakan, “Mitra driver merupakan garda depan pelayanan GOJEK sekaligus bagian penting dalam ekosistem. Dengan hadirnya BBM, mitra GOJEK kian terpapar dengan ragam pengembangan keterampilan, sehingga mereka terus memberikan layanan yang andal sekaligus naik kelas di saat yang bersamaan.”

Dengan mengangkat berbagai topik yang disesuaikan dengan aspirasi dan kebutuhan mitra GOJEK serta menggandeng pihak kredibel untuk mendukung pengembangan keterampilan, BBM juga menjadi satu-satunya pelatihan paling komprehensif di industri ride-hailing di Indonesia”, jelas Domy.

Domy juga menjelaskan beberapa topik yang telah diangkat untuk Pengembangan Layanan Prima diharapkan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. “Kami telah melaksanakan Pelatihan Bahasa Inggris, P3K, dan Anti Kekerasan Seksual yang baru-baru ini kami selenggarakan. Dengan pelatihan ini, mitra tidak hanya makin andal dan sigap setiap saat, tapi mereka juga bisa jadi agen keselamatan dalam menolong sesama pengguna jalan bila terjadi kecelakaan.”

Dalam kesempatan yang sama, Mariana Wijayanti – District Head GOJEK Solo Raya mengatakan, ”Kami sangat senang dapat menyelenggarakan Bengkel Belajar Mitra (BBM) untuk kali yang pertama di Solo. Kami mengundang para mitra driver wanita atau yang biasa disebut Srikandi GOJEK sebagai wujud apresiasi kami yang mendalam terhadap mitra dalam kaitannya dengan Hari Kartini. Kami meyakini, semangat juang yang dimiliki Kartini juga tercermin dari laku dan semangat Srikandi GOJEK dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya”.

Yang membuat kami senang adalah ikatan kekerabatan yang kental dan mendalam di kalangan para mitra. Oleh karena itu, belajar dari pengalaman keseharian saat mereka berkendara di jalan dan saat berkumpul, dua pelatihan khusus tersebut yang menjadi kebutuhan para mitra. Terlebih, yang memberikan pelatihan bela diri adalah rekan mereka sendiri yaitu Wiwik Wigati yang memang memiliki keahlian dan sertifikasi dalam bidang pelatihan bela diri ini”, jelas Mariana.

Aspirasi GOJEK untuk Menaik Kelaskan Mitra Driver melalui BBM

Selain pelatihan Pengembangan Layanan Prima, GOJEK juga menghadirkan pelatihan Pengembangan Kemampuan Diri di rangkaian BBM agar mitra semakin sejahtera. Topik yang dihadirkan antara lain Pelatihan Pengelolaan Keuangan dan Wirausaha.

Dalam pelatihan Pengembangan Kemampuan Diri, mitra dibekali keterampilan yang bisa memberikan dampak positif lebih besar tidak hanya bagi pelanggan, tapi juga bagi dirinya, keluarga, serta masyarakat sekitar. Dari survey yang dilakukan ke 645 mitra driver GOJEK, 90% mitra menyatakan ingin memperoleh pendapatan tambahan dari hobi yang biasa mereka lakukan. Banyak di antaranya yang ingin memiliki usaha kuliner sehingga GOJEK menghadirkan pelatihan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha agar mitra dapat memperoleh pemasukan tambahan.

Sejak Oktober 2018, GOJEK rutin melaksanakan BBM tiap bulannya dan menghasilkan kontribusi positif terhadap mitra dan konsumen. Ada lebih dari 1.000 mitra di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar yang bisa menambah kemampuan diri mereka sekaligus lebih banyak konsumen yang merasakan pelayanan prima dari mitra driver GOJEK.

Selain itu, GOJEK berencana menghadirkan BBM di seluruh Indonesia secara bertahap dengan mengembangkan beragam topik yang menarik sehingga mampu menjawab tantangan yang dihadapi mitra dan konsumen. GOJEK juga mengundang para pakar pengetahuan untuk berkolaborasi dan bersama-sama memberikan dampak sosial yang lebih besar lagi ke mitra GOJEK di Indonesia.

Dengan rencana pengembangan ini, Domy berharap agar program BBM dapat menjangkau dan menaikkelaskan lebih banyak mitra driver dari Sabang sampai Merauke. “Kami mengajak mitra GOJEK untuk jadi Driver Jempolan dan gali ilmu baru dalam program BBM sehingga teman-teman mitra makin berkualitas dan dapat memberikan layanan maksimal untuk pelanggan setia GOJEK di Indonesia. ” tutup Domy.

[Mita Kusuma]

Post Comment