Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Karantina dan Isolasi Karena Corona

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Karantina dan Isolasi Karena Corona

SoloposFM, Karantina dan isolasi bukanlah hal yang sama. Karantina diberlakukan pada orang yang pernah kontak dengan infeksi dan kemungkinan akan sakit, bahkan jika saat itu ia tampak sehat-sehat saja. Sementara, isolasi untuk orang yang sakit dan didiagosis mengidap COVID-19 dan menjadi ancaman bagi keluarga dan pengunjung.

Ada juga istilah ‘self-quarantined’ atau karantina diri sendiri bagi mereka yang tidak tahu apakah mereka pernah kontak dengan penderita COVID-19, namun tinggal di rumah untuk mencegah risiko benar-benar sakit dan menularkan pada orang lain.

Untuk semua tujuan tersebut, berikut ini merupakan panduan untuk orang sehat yang ingin tinggal di rumah agar mencegah tertular dan menularkan virus. Terutama di Indonesia yang alat tes nya masih terbatas, orang-orang mengharapkan karantina diri untuk mencegah keduanya, mengutip berbagai sumber:

 

  1. Penggunaan masker saat sakit

Tenaga kesehatan ahli selalu menekankan bahwa masker tidak efektif untuk masyarakat yang tidak menunjukkan gejala apapun terkait virus. Masker hanya digunakan untuk orang yang sakit, tenaga medis yang merawat pasien, dan orang-orang yang mengalami gejala mirip flu. Masker berpotensi mencegah penyebaran virus dari Anda ke orang lain.

 

  1. Makanan yang harus dipersiapkan

Saat ini, Anda tidak perlu mengantre di swalayan karena sudah ada layanan antar  yang bisa mengantarkan barang belanjaan, termasuk sayuran, beras, kacang-kacangan, buah, dan lain-lain hingga ke rumah. Utamakan bahan makanan tersebut untuk 2 minggu Anda di rumah.

Makanan lainnya yang dapat Anda beli yaitu makanan beku dan kaleng jika Anda senang memasak di rumah. Anda juga bisa menambah daftar makanan penenang seperti cokelat, teh dan kopi meskipun itu tidak efektif.

Sebaiknya Anda hanya mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan. Jangan memancing pertahanan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan instan atau makanan cepat saji.

 

  1. Barang lain yang perlu Anda siapkan

Persiapkan juga sejumlah alat kebersihan yang mencukupi. Seperti, sabun mandi dan sabun cuci tangan, hand sanitizer, tisu dan tisu toilet hingga sejumlah obat dasar.

 

  1. Persiapkan juga mental Anda

Associated Press melaporkan, beberapa orang yang dikarantina di rumah masing-masing mengatakan, mereka mengambil kesempatan ini untuk menonton film favorit mereka, atau membaca beberapa buku. Beberapa orang juga bermain game asah otak.

Dalam kasus karantina, kesehatan mental Anda juga harus dipertimbangkan. Pastikan di rumah ada sesuatu yang dapat menghibur Anda, seperti buku, permainan papan, permainan kartu dan sebagainya.

[Diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Post Comment