Mendadak, Perpusnas RI Kunjungi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

Mendadak, Perpusnas RI Kunjungi SD Muhammadiyah 1 Ketelan

SoloposFM – Pada Kamis (13/12/2018) siang, secara mengejutkan Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo didatangi tim dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diketuai Tuty Hendrawati, S.Sos., M.T.I. Mereka datang bersama Suparsi, pustakawan Pusat Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Solo.

Tim yang direncanakan tiba pukul 09.30 ternyata tiba di sekolah pukul 13.50 siang. Para tamu ini terjebak macet akibat driver yang kurang tahu jalan. Kedatangan tim ini untuk koordinasi terkait akreditasi dan diusulkan di tahun 2019. Sebelumnya, apabila dilakukan visitasi, akan ada pemberitahuan 2 minggu atau sebulan sebelumnya.

“Menyampaikan permintaan maaf karena terlambat datang sesuai rencana, bisa berkumpul di sini setidaknya saya tahu Perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Ketelan, dan dari dinas setempat yang mengusulkan,” kata Tuty setelah mendatangi sejumlah sekolah di Solo.

Setibanya di sekolah, Tuty dan rombongan langsung menuju Aula lantai 1 dan bertemu dengan beberapa Pimpinan Sekolah mulai Kepala Sekolah Sri Sayekti, S.Pd., M.Pd., Waka Kurikulum SW. Winarsi, S.Ag., S.Pd., Waka Sarpras Sahudi, S.Pd., Waka Kesiswaan Imam Priyanto, S.Pd., Waka Humas Jatmiko., Staf Waka Al Islam Sutrisno dan Tim perpustakaan. Tuty kemudian melanjutkan kunjungannya ke Perpustakaan lantai 1

“Saya perwakilan dari Perpustakaan Nasional untuk melakukan koordinasi mengenai akreditasi perpustakaan di Kota Solo, salah satunya di SD Muhammadiyah 1 Ketelan, memang di sini untuk sekelas perpustakaan SD sudah patut diapresiasi, dan perhatian dari pihak sekolah itu cukup memperhatikan dengan keberadaan betapa pentingnya sebuah perpustakaan untuk perkembangan anak,” ujar Tuty.

“Dengan adanya perpustakaan diharapkan wawasan peserta didik dan minat kegemaran membaca mereka bertambah, di sini peran vital perpustakaan akan terlihat, di sini perpustakan SD Muh 1 memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan akan informasi yang seluasnya, baik itu dalam buku cetak mapun on line, maka panennya sendiri membentuk siswa memiliki kompetensi yang lengkap, diharapkan merangsang ide-ide mereka untuk berkreasi,” imbuhnya.


Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Sri Sayekti, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Tim Asesor Perpustakaan. “Terima kasih atas kehadiran tim asesor ke SD Muh 1, kami berupaya menindaklanjuti saran usul dan menjalankan lebih baik, perpustakaan yang baik, anak akan berprestasi, nyaman, menyenangkan dengan multi akses, dinamis dan keren” ujarnya.

Lebih lanjut, senada dengan Kepala Sekolah, Suparsi, Disarpus Kota Solo mengatakan, tim asesor diharapkan dapat terjadi tukar menukar pemikiran, pandangan, dan interaksi.

“Pembinaan Akreditasi sangat bermanfaat, dan semoga bisa menerapkan standar nasional perpustakaan dan mendapatkan akreditasi tingkat nasional,” katanya.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment