Bertamu Mendadak, Guru Banjarmasin Ini Berguru Manajemen Sekolah

Bertamu Mendadak, Guru Banjarmasin Ini Berguru Manajemen Sekolah

SoloposFM – Akhir-akhir ini, SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) versi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikbud) Republik Indonesia dikejutkan beberapa tamu yang tiba-tiba datang bersilaturahmi. Kali ini SD Muh 1 kedatangan seorang guru SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin, Habib Sholeh.

“Saya sengaja datang mendadak dan berkesempatan bersilaturahmi di SD Muhammadiyah 1 Ketelan, setelah selesai Muktamar Pemuda Muhammadiyah XVII di Yogyakarta. Dalam Muktamar tersbeut, menghasilkan Sunanto alias Cak Nanto sebagai Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah periode 2018-2022,” ujar Habib, sapaannya.

Habib Sholeh mengaku senang, karena kedatangannya yang mendadak itu disambut hangat oleh Kepala SD Muh 1, Sri Sayekti dan Waka Humas, Jatmiko, Kamis (29/11/2018).

Selama berada di SDSR, guru SD Muhammadiyah 9 yang beralamat di Jl.A. Yani Km.3 Rt.1, Kuripan, Kec. Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin Prov. Kalimantan Selatan tersebut menggali lebih dalam tentang manajemen sekolah yang baik. 

“Sekolah sudah banyak berubah setelah dipimpin oleh ibu Sri Sayekti. Sekolah banyak menerima penghargaan baik lokal maupun nasional,” jelasnya.

Habib berharap, managemen yang baik tersebut bisa diterapkan disekolahnya.

Beliau mengingatkan kepada saya, jika ingin menjadi pemimpin di Amal Usaha Muhammadiyah jangan lupakan tiga hal. Pertama memajukan sekolah. Kedua, mensejahterakan karyawan. Ketiga, menjaga persyarikatan. Hal ini diucapkan beliau (Sri Sayekti) berulang-ulang kali kepada saya,” tutur Habib.

Selain itu, Habib juga tertarik dengan salah satu produk unggulan Kantin Sehat di sekolah yang berjuluk Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya ini.

“Dan beliau juga berpesan, kalau kamu menjadi pemimpin jangan mencari uang di Persyarikatan, karena Persyarikatan itu gak ada uangnya, tapi kalau mau mencari barokah maka di Persyarikatan banyak,” pungkasnya sambil tersenyum.

Sedangkan kepala SD Muh 1, Sri Sayekti menyampaikan rasa bahagianya karena kunjungan Habib tersebutr.

Terima kasih atas kunjungan silaturahimnya dan ini momentum penting untuk konektivitas jejaring serta membuka wawasan keluarga besar SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin, Kalsel agar lebih semangat lagi dalam mengelola pendidikan,” ungkapnya dengan penuh semangat

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment