DCC Indonesia Gelar Workshop Vlog dan Citizen Journalist

DCC Indonesia Gelar Workshop Vlog dan Citizen Journalist

Solopos FM – Era digital telah mengubah wajah dunia termasuk media massa. Kehadiran ponsel pintar (smartphone) dan media sosial dengan berbagai platform telah menyumbang kemajuan informasi menjadi semakin cepat. Dengan ponsel pintar kejadian di ujung dunia bahkan bisa dinikmati oleh belahan dunia lain secara real time lewat berbagai jejaring media sosial. Berita bukan lagi menjadi monopoli wartawan.

Vlog atau video blog adalah salah satu sarana berbagi informasi yang makin populer belakangan ini. Video blogger tidak lagi dipandang sebelah mata. Hal ini dimanfaatkan oleh berbagai media televisi untuk memperkaya konten mereka. Tentu bukan sembarang konten yang bisa ditayangkan.

Menyikapi fenomena ini, terbentuklah Digital Content Creator (DCC) Indonesia. Awalnya DCC ini digagas oleh empat orang praktisi vlog di Solo Raya yakni Is Ariyanto, Maya Nirmala Sari, Eko Pri Maryanto, dan Eko Haryanto. Kemudian turut bergabung Thoyib Asngad, Midho Purwanto, dan Kartika Octaria. Jadi saat ini komisioner DCC terdiri dari 7 orang.

Tidak lama setelah dibentuk, DCC pun langsung membuat sebuah event berlabel workshop Vlog dan Citizen Journalism untuk Media Televisi yang diselenggarakan pada Sabtu (20/10) di  The Alana Hotel & Convention Center, Jl. Adi Sucipto, Colomadu. “Workshop perdana ini ditujukan untuk pemula dan terbuka untuk umum. Siapa saja boleh bergabung dengan mengisi formulir pendaftaran,” ujar salah satu komisioner DCC, Maya Nirmala Sari dalam rilisnya yang diterima Solopos FM, Kamis (25/10).

Workshop Vlog dan Citizen Journalist ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Is Ariyanto salah satu pendiri DCC sekaligus peraih berbagai penghargaan CJ dari televisi nasional dan Erwin Kartinawati, seorang dosen yang berpengalaman menjadi jurnalis dan sekarang aktif menjadi Vlogger TV.

“Kedua narasumber ini membedah berbagai materi yang diharapkan menjadi pegangan menjadi vlogger andal, seperti Mengenal CJ dan cara menjadi CJ, Teknik pengambilan gambar sederhana, Tips & trik menembus media nasional, Cara mudah membuat Vlog dengan smartphone, dan Etika jurnalistik dasar,” papar Maya.

Informasi mengenai workshop dari komunitas DCC Indonesia selanjutnya bisa follow akun instagram @dcc.indonesia.[]

[Intan Nurlaili]

Post Comment