Karawitan SD Muh 1 siap Kiprah di Pembukaan Lomba Budaya Mutu

Karawitan SD Muh 1 siap Kiprah di Pembukaan Lomba Budaya Mutu

SoloposFM – Karawitan SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Solo siap berkiprah di Pembukaan Lomba Budaya Mutu dan Lomba Penulisan Buku Bacaan Anak SD se-Indonesia. Acara yang diselenggarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu, akan dilaksanakan di Hotel Lor In, Karanganyar, pada23 Oktober 2018.

“Hari ini kami lakukan gladi bersih, persiapan untuk tampil nanti di LBM Pagelaran Seni Wayang Kolaborasi (Tetuka Sang Gatot Kaca) dan Tari Amurwa,” kata Pembina Ekstrakurikuler, Agung Sudarwanto, Rabu Sore (17/10/2018).

SD Muhammadiyah 1 Solo, kata dia, diundang tampil di dua sesi, yakni Pembukaan dan Penutupan. Agung menyebutkan Sekolah Karakter Berbasis TIK akan menampilkan kesenian karawitan yang dimainkan para peserta didik live gamelan.

“Kami persiapkan dengan sebaik-baiknya. Nanti, penarinya 5 anak. Ada 35 pengrawit, gamelan slendro pelog lengkap, 7 Gendhing dan yang terbaru lancaran Pendidikan Karakter, semoga sukses menampilkan wayang minimalis 15 menit,” ujar Agung yang juga pengurus PEPADI.

Sebelumnya, Gamelan Sekolah Dasar Swasta Rujukan juga sudah pernah pentas di kancah Internasional soft opening International Gamelan Festival (IGF), di area city walk Plaza Sriwedari, Kamis (9/8/2018) dan rencananya juga akan berkiprah dalam Acara Hari Wayang Dunia (HWD), pada 7 November 2018 mendatang, di Pendhapa Ageng ISI Solo.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Jatmiko mengapresiasi tampilnya Gamelan SD Muh 1 di LBM. Hal itu secara tidak langsung membawa nama Kota Solo sekaligus kaderisasi dalang cilik.

“Luar biasa, para pemainnya! Kami bangga karena turut membawa nama besar Kota Solo dan Sekolah, terutama Gibran Maheswara,” ujar Jatmiko.


Jatmiko menjelaskan, Gibran punya pengalaman pentas sekitar 60 kali. Putra Agus Setyawan, SST, tersebut diantaranya tampil menajdi bintang tamu di acara Litle VIP Metro TV bersama Cak Lontong, Bintang tamu di acara Rumah Mama Amy MNCTV bersama Raffi Ahmad-Nagita Slavina, Karnaval Inbox SCTV di Karanganyar bersama artis Narji, Bianka, hingga Temu Dalang Bocah 6 di TBS Solo 2015.

Selain itu, menurut Jatmiko, Gibran juga pernah menjadi Temu Dalang Bocah 7 di TBS Solo 2017, Dalang berbakat pada Festival Dalang Cilik Karanganyar 2015, Juara Harapan II Festival Dalang Cilik Solo 2018, Bintang tamu di Lomba Dalang Remaja Jawa Timur di TBS Surabaya 2016, Hari Wayang Dunia di ISI Solo 2015, Hari Tani Dunia di Karanganyar 2016, HUT DPRD Karanganyar 2016, Liputan Indonesia Bagus di NET TV, dan Bintang tamu acara Prestasi MTA TV.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment