Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo Praktik Mencangkok Tumbuhan

Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo Praktik Mencangkok Tumbuhan

SoloposFM – Ratusan siswa kelas VI SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo melakukan praktik langsung mencangkok berbagai jenis tumbuhan. Mereka mencangkok seperti tumbuhan rambutan, mangga, jambu, jeruk dan lain di halaman sekolah setempat di Jl. Kartini Solo, Senin (15/10/2018).

Wakil Kepala SD Muhammadiyah 1 Solo Bidang Humas, Jatmiko, mengatakan kegiatan praktik mencangkok tanaman diikuti 156 siswa kelas VI. Untuk kegiatan praktik, setiap siswa membawa peralatan yang dibutuhkan mencangkok, seperti pisau, tanah hitam yang gembur, plastik atau sabut kelapa, tali plastik, air, dan tumbuhan.

Kegiatan mencangkok ini merupakan pembelajaran outdoor bagi para siswa untuk mata pelajaran IPA,” katanya.

Hasil praktik mencangkok siswa, lanjut Jatmiko, dinilai oleh guru IPA. Penilaian langkah kerja, hasil cangkok baik dan rapi, dan aspek lainnya. Tidak kalah pentingnya, menurut dia, para siswa bisa berinteraksi gotong royong membantu temannya yang mengalami kesulitan hal itu cermin dari lima nilai utama pendidikan karakter, yaitu religius, nasionalis, gotong royong, mandiri dan integritas.

Bila nantinya cangkokan berhasil tumbuh akan ditanam di laboratorium botani sekolah untuk melengkapi koleksi berbagai tanaman buah dan bunga yang telah ada,” ujarnya.

Seorang siswa kelas VI, Farah menyatakan merasa senang mengikuti kegiatan praktik mencangkok tanaman yang baru pertama kali ini.

Semula memang sulit tapi setelah mencoba ternyata mudah,” ujar dia yang mencangkok tanaman mangga.

Menurut Farah tahapan sulit saat mencangkok yakni ketika menempelkan tanah humus ke batang yang telah dikelupus karena tanahnya sering terjatuh.

Sedangkan tahap yang saya suka ketika mengupas kulit batang dan mengerok kambiumnya,” kata dia sambil tersenyum. [Insetyonoto]

[diunggah oleh Avrilia Wahyuana]

Foto : Para siswa kelas VI SD Muhamamdiyah 1 Ketelan Solo praktik mencangkok berbagai jenis tumbuhan di halaman sekolah setempat di Jl. Kartini Solo, Senin (15/10/2018).

Post Comment