Keren! Milad 83 Tahun, SD Muhammadiyah 1 Solo Gelar Seminar Pendidikan dan Peluncuran Radio

Keren! Milad 83 Tahun, SD Muhammadiyah 1 Solo Gelar Seminar Pendidikan dan Peluncuran Radio

SoloposFM – Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo berbasis TIK dan Budaya akan mengelar seminar pendidikan dengan tema Literasi TIK di Era Digital untuk Penguatan Pendidikan Karakter. Dalam Milad 83 tahun ini juga diluncurkan Radio Streaming “Solo Belajar” Radio Pendidikan, pada Sabtu (06/10/2018) mendatang di Pedan Room Lt. 2 Hotel Sahid Jaya Solo. Seminar ini yang akan diikuti kurang lebih 250 peserta. Pada kesempatan tersebut, juga akan diumumkan juara lomba sudut baca antar kelas berikut pembagian hadiahnya.

Seminar pendidikan ini akan menghadirkan Dwi Nurani, S.KM., M.Si, Fungsional Umum Direktorat Pembinaan SD, DR. Sutanto, S.Si., DEA Pakar Informatika Universitas Sebelas Maret, serta Drs. H.M Joko Riyanto, SH., MM., MH dari Dewan Pendidikan Solo. Pembicara dan dipandu moderator, Avrilia Wahyuana.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo bertekad mencetak generasi yang cerdas, tangguh, dan handal di tingkat daerah, regional, nasional maupun internasional. Dengan visi membentuk lembaga pendidikan unggul kompetitif dengan sumber daya insani yang berakhlaq mulia, berkarakter utama, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehat, dan peduli lingkungan hidup.

“Rasa syukur ini, Kami wujudkan dengan berbagi kebahagiaan dalam sejumlah kegiatan. Kegiatan dilakukan untuk mengakrabkan masyarakat untuk mengetahui program–program, prestasi, kegiatan, keunggulan, kemajuan dan kebermanfaatan dalam segala hal untuk masyarakat serta inovasi dalam pengelolaannya,” ujar Jadmiko.


Menurut Jadmiko, tujuan seminar ini selain meningkatkan mutu pendidikan khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga meningkatkan kemampuan peserta dalam proses pembelajaran dan kualitas guru pada Era Disruptif yang semakin tinggi iklim kompetisi sekaligus menebar virus memberi manfaat bagi pengembangan sekolah-sekolah lainnya.

Diakui Kuat Prihatin, S.Sos., MM., pejabat Direktorat Kesenian, SD Muhammadiyah 1 Ketelan sangat pantas dijadikan sebagai SD Rujukan, dan menjadi percontohan.

Saya tidak bicara masalah prestasi akademis yang tentunya juga mengikuti. Tetapi yang saya lihat adalah bahwa SD Muh1 ketelan telah berhasil mengembangkan pendidikan karakter, di mana sekolah ini telah menjadi ruang bagi siswa-siswa untuk mengembangkan potensinyamelalui berbagai kegiatan yang diadakan, utamanya Ekstra Kurikuler,” papar Kuat Prihatin.

“Yang paling menonjol adalah eksrakurikuler dibidang seni budaya, baik kesenian tradisional maupun non tradisional. Inilah yang akan menghasilkan generasi masa depan yang apresiatif terhadap dunia kesenian. Ini tentu patut diapresiasi,” tambahnya.


Sebelum resepsi milad 83, SD Muhammadiyah 1 Ketelan bekerja sama dengan Lazismu Solo telah mengadakan bakti sosial (Baksos) di wilayah Dukuh Rempelas, Desa Guwo, Kecamatan Kemusu, Boyolali pada Rabu (26/9/2018). Selain itu, juga berlangsung anjangsana dan purna tugas guru karyawan.

[Avrilia Wahyuana]

Post Comment