BRIncubator, Strategi Baru Bank BRI Menumbuhkembangkan UMKM di Daerah

BRIncubator, Strategi Baru Bank BRI Menumbuhkembangkan UMKM di Daerah

SoloposFM – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan program inkubasi bisnis untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diberi nama BRIncubator di Solo, Jawa Tengah pada 28 September 2018. BRIncubator merupakan program yang berorientasi pada pemberian akses pembiayaan dan peningkatan kapasitas serta kapasitas UMKM secara digital dan focus pada validasi ekspor. Program inkubasi yang focus kepada pelaku UMKM sector pariwisata, pertanian, subsektor kuliner, fashion dan kriya ini bertujuan memodernisasi UMKM agar berbasis teknologi dan dapat menciptakan teknopreneur di seluruh pelosok Indonesia.

BRI ingin fokus pada pemberian ruang dan pendampingan melalui fasilitas yang bisa mendorong kemajuan dan berdampak pada ekonomi lokal dan nasional” ujar Priyastomo, Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI saat menyampaikan sambutannya di depan para UMKM terpilih peserta BRIncubator dan tamu undangan. Turut hadir dalam kegiatan launching BRIncubator ini, Tito Adji Siswantoro, Kepala bagian Pengawasan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Pasar Modal dan edukasi serta perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan Solo dan pakar industri Hasnil Afrizal Muttaqien pemilik Ekafarm / CV. Agro Sukses Abadi (Solo).

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos FM, hari ini, untuk batch pertama ini, BRIncubator akan melibatkan 500 UMKM di 5 kota terpilih yaitu Solo, Makasar, Bandung, Malang dan Padang. Ke depan, program ini akan diperluas sehingga dapat menjangkau lebih banyak peserta dan kota di seluruh wilayah Indonesia.

BRIncubator juga dilaksanakan dengan menggandeng para pakar UMKM, baik bertaraf lokal maupun nasional yang ahli dan sukses di bidangnya sehingga peserta bisa mendapatkan nilai tambah yang signifikan karena mendapatkan pengetahuan yang lebih riil dan konkret dalam menjalankan bisnis UMKM. Rangkaian kegiatan BRIncubator terdiri dari roadshow, seminar, workshop, bootcamp. Selama rangkaian kegiatan inkubasi bisnis tersebut para UMKM akan selalu dimonitor perkembangannya.

Pada tahap akhir program BRIncubator akan dipilih 30 UMKM di program Inkubasi dan 30 UMKM di program Akselerasi. Selanjutnya 3 UMKM terbaik akan mendapatkan hadiah berupa award untuk pengembangan usahanya. Setelah program ini selesai para UMKM akan tetap kami dampingi melalui 53 Rumah Kreatif BUMN Bank BRI, yang telah tersedia di berbagai kota di Indonesia. Melalui program inkubasi ini, kami mengharapkan kontribusi positif dari seluruh pihak untuk bisa bersinergi memajukan para pelaku UMKM Indonesia agar siap bersaing di kancah global pada era digital” tutup Priyastomo.

Informasi mengenai BANK BRI dapat diakses melalui situs www.bri.co.id.

[Mita Kusuma]

Post Comment