Serah Terima Estafet Tunas Kelapa 2018

Serah Terima Estafet Tunas Kelapa 2018

SoloposFM – Tunas kelapa tahun 2018, hari ini, Minggu (26/08/2018) diserahterimakan dari Pemerintah Kabupaten Sukoharjo kepada Pemerintah Kota Solo. Serah terima dilakukan dari Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi, kepada Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo.

Ketua Harian Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Solo, Daim, disela acara menjelaskan, sebelumnya Pramuka Kwarcab Sukoharjo menerima estafet tunas kelapa dari Kwartir Cabang Pramuka, Karanganyar, dan Kwarcab Pramuka Wonogiri di tempat terpisah, Sabtu (25/8/2018).

Tunas kelapa itu sebelumnya menginap semalam di Kantor Kecamatan Baki dan pada Minggu (26/8/2018) dilanjutkan menuju Makamhaji, Kecamatan Kartasura untuk diserahkan ke anggota Kwarcab Pramuka Kota Solo.

Waka Bidang Abdimas & Humas, Kwarcab Sukoharjo, Suripman, menjelaskan tugas pokok Gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan nonformal bagi anak-anak dan pemuda Indonesia agar menjadi generasi berkualitas, sanggup bertanggung jawab, dan mampu mengisi kemerdekaan.

Estafet tunas kelapa sebagai ciri khas kegiatan Kwartir Daerah Jawa Tengah sekaligus kegiatan tradisi setiap tahun perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Estafet merupakan salah satu gerakan pramuka bertujuan membentuk manusia berkarakter, berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur sebagai warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila,” katanya.

Menurutnya, dari estafet peserta diharapkan dapat mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Utamanya membudayakan dan menegakkan sikap berbuat kebaikan, menentang penggunaan narkoba, menentang tindak kekerasan dan mengembangkan nilai–nilai persaudaraan dan kasih sayang,” ungkap dia. 

Kegiatan estafet tunas kelapa ini melibatkan seluruh siswa siswi atau gugus depan dari SD, SMP hingga SMA se-Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo. Hal ini guna memasyarakatkan gerakan Pramuka untuk mewujudkan kejayaan Indonesia bersama dengan gerakan Pramuka.

[Avrilia Wahyuana]

Foto : Serah terima Tunas Kelapa dari Wakil Bupati Sukoharjo, Purwadi, kepada Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo, Minggu (16/08/2018).(sumber foto : Antien Kistanti)

Post Comment