Tetap Sehat Nikmati Hidangan Daging Kurban

Tetap Sehat Nikmati Hidangan Daging Kurban

SoloposFM – Melihat lezatnya santapan di Hari Raya, kita seakan lupa akan dampak memakan daging terlalu banyak bagi kesehatan. Daging merah mengandung lemak yang dapat menyebabkan kolesterol maupun kadar gula darah menjadi tinggi.

Agar usai merayakan hari raya idul adha bisa tetap sehat bersama keluarga, maka menjaga kesehatan tubuh perlu dilakukan. Jika ingin tetap menyantap daging sekaligus menjaga kondisi kesehatan tetap stabil, berikut tips aman mengonsumsi daging yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Bagian Rendah Lemak

Makanlah daging yang paling rendah kandungan lemaknya, yaitu pada bagian paha. Kandungan lemak yang cukup tinggi yaitu pada bagian perut dan iga. Selain itu, jika ingin mengurangi lemak, buanglah air yang digunakan untuk merebus daging. Anda bisa merebusnya kembali dan membumbui masakan.

Opsi lainnya, hindarilah masakan bersantan dan menggantinya dengan yang bening. 

2. Imbangi dengan sayur-buah

Selain mengonsumsi banyak daging, jangan lupa untuk makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Pilihlah buah yang kaya antioksidan. Kalau makan apel, makan juga kulitnya. Sebab, kandungan antioksidan ada di kulitnya.

Mengonsumsi jus buah tanpa gula tambahan adalah salah satu ide yang pas. Anda juga bisa mencampurkan daging ke dalam salad.

3. Tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik maupun berolahraga perlu ditingkatkan setelah Anda mengosumsi banyak makanan berlemak karena dapat membakar kalori dalam tubuh. Lakukanlah aktivitas fisik sekitar 30 menit sampai 1 jam.

4. Pilihlah minyak sayur

Menggunakan minyak sayur adalah ide yang baik dalam mengolah makanan pada saat Idul Adha. Sebisa mungkin tidak menggunakan mentega dan minyak goreng, karena bisa menambaha kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

[Avrilia Wahyuana]

Foto : Aneka Masakan Daging Kurban (sumber foto : usaha frozen food.com)

Post Comment