Play Streaming Now!!
hot news

Majalah Remaja Hits Era 90-an

Posted : Jumat, 14 September 2018 11:41 /     /   no komentar

SoloposFM – Banyak hal yang dirindukan anak generasi 90-an di era gadget seperti sekarang. Mulai dari mainan, jajanan, tontonan, hingga buku bacaan. Tidak banyak hal khas era 90-an yang masih tetap eksis di masa sekarang. Jauh sebelum smartphone merajalela seperti sekarang ini, majalah menjadi salah satu media informasi yang memberikan info seputar tren dan apa yang sedang hits pada saat itu. Karena terbitnya dalam jangka waktu tertentu, edisi terbaru dari majalah-majalah favorit ini selalu ditunggu-tunggu

Tidak jarang juga setelah majalah tersebut selesai dibaca, beberapa gambar atau foto digunting untuk disimpan dalam bentuk kliping atau dalam catatan khusus. Namun, di era serba gadget seperti sekarang, minat orang-orang untuk membaca majalah menjadi sangat berkurang karena semua informasi bisa didapat melalui smartphone.

Nah, untuk mengenang masa-masa dulu, Ruang 90 pekan ini akan mengulas majalah-majalah yang sempat hits di era 90-an. Di antara majalah-majalah berikut ini, mana yang paling sering Anda baca dulu? 

Aneka Yess!

Majalah Aneka Yess adalah majalah remaja yang cukup diminati remaja SMA tahun 90an. Setiap ada selebritas yang naik daun karena berita sensasionalnya, pasti akan menjadi cover Majalah Aneka Yess. Majalah ini tidak hanya berisi tentang berita, gossip, atau tips yang biasanya menjadi fokus majalah lainnya, tetapi majalah ini juga mengumpulkan remaja sebagai Cover Girl atau Cover Boy. Beberapa nama didikan Aneka Yess! antara lain Titi Kamal, Luna Maya, Dwi Andhika, Andhika Pratama dan sebagainya. Irfan Hakim juga mengawali karir sebagai foto model di majalah Aneka Yess tahun 1998. Terbukti, sampai saat ini Irfan Hakim masih dikenal sebagai pembawa acara juga.

Gadis

Kalau majalah yang satu ini adalah majalah khas remaja putri 90an. Majalah yang fokus ke dunia remaja dan juga enggak jauh dari majalah Aneka yess, majalah inilah juga sebagai tempat perantara para selebriti kelas atas tanah air untuk memasuki jagad dunia hiburan. Maka tak heran bila saat itu sangat dikenal dengan sebutan Gadis Sampul, ajang pemilihan gadis cantik dan berbakat setiap tahunnya dan Majalah Gadis terbukti sudah berhasil mengantarkan mereka sampai pada puncak popularitas kini. Sebut saja di antaranya ada Dian Sastro dan Astrid Tiar yang mengawali karirnya di dunia hiburan dengan menjadi Gadis Sampul.

Hai

Hampir setara dengan Majalah Gadis, Majalah Hai cukup terkenal bagi generasi 90an kala masih remaja. Majalah ini lebih banyak mengulas mengenai industri musik maupun hal yang sedang hit atau terkenal kala itu. Karena majalah lainnya sudah membahas mengenai bakat dan minat diri, maka Majalah Hai berorientasi pada pemaparan pengetahuan mengenaik musik maupun musisi. Majalah Hai ini masih bertahan hingga saat ini bahkan memiliki website untuk memajang majalah versi onlinenya. Ada yang masih berlangganan?

Kawanku

Tidak hanya eksis tahun 90an, majalah ini juga masih eksis hingga saat ini lho. Perbedaannya terletak pada covernya yang lebih cantik seiring dengan perkembangan teknologi yang lebih maju dan canggih. Majalah Kawanku sebenarnya terbit pertama kali tahun 1970 dan ditujukan untuk remaja putri. Dengan informasi mengenai artis dalam dan luar negeri, majalah ini sukses mencuri hati remaja generasi 90an. Ditambah bahasan lain mengenai fashion, tips cinta, bahkan terkadang memberikan bonus berupa poster artis maupun pin-up menjadikan Majalah Kawanku cukup eksis di kalangan remaja.

Anita Cemerlang

Lebih populer dengan sebutan Majalah Anita. Majalah ini terbit setiap bulan dan memberikan hiburan berupa kumpulan cerpen sejak tahun 1978. Segmen yang dirangkul oleh majalah ini adalah remaja dengan tema yang diusung menyesuaikan kehidupan mengenai remaja yakni jatuh cinta, putus, penantian, persahabatan, dan harapan. Sayangnya Majalah Anita harus berhenti terbit tahun 2000 akibat desakan kemunculan majalah baru yang mengusung tampilan yang lebih segar dan pada akhirnya minat terhadap Majalah Anita Cemerlang ini menurun.

Mode

Majalah yang satu ini mungkin agak berbeda dengan majalah lainnya yang cukup eksis tahun 90an berkat pendekatan terhadap remaja yang menyinggung kehidupan mereka. Majalah Mode lebih memberikan pendekatan konten berupa perkembangan fashion yang terjadi setiap waktu. Tak hanya untuk urusan baju, Majalah Mode juga memberikan informasi cukup lengkap mengenai model rambut yang sedang hit kala itu.

Popular

Nah, majalah satu ini mungkin bisa dikatakan tidak untuk anak-anak maupun remaja namun lebih menyinggung pada dewasa muda. Majalah Popular lebih terkenal dengan kontennya yang menyediakan informasi mengenai selebriti yang sedang menjadi pembicaraan hangat kala itu dan juga informasi pendukung mengenai musik, baik itu musisi maupun musik itu sendiri. Bila sebelumnya majalah yang eksis itu ditujukan untuk pembaca remaja putri, Majalah Popular lebih merangkul kepada pembaca putra.

Karina

Anda yang tumbuh di awal 90an pasti tahu majalah Karina. Selain berisi berita seputar infotainment, majalah ini juga berisi info-info menarik yang mengedukasi.

[Mita Kusuma]