Ingin Makan Enak di Akhir Bulan, Ini Dia Tipsnya

Ingin Makan Enak di Akhir Bulan, Ini Dia Tipsnya

SoloposFM-Jika di awal bulan biasanya leluasa pilih-pilih menu makan siang, lain lagi jika akhir bulan. Akhir bulan atau tanggal tua identik dengan aktivitas mengencangkan ikat pinggang karena kondisi dompet sedang tipis. Hal inilah yang menyebabkan Anda menghindari pengeluaran-pengeluaran tidak penting, termasuk mengurangi aktivitas berwisata kuliner.

Walau makan makanan yang enak dan menggoda selera adalah keinginan semua orang, namun saat tiba pada tanggal-tanggal rawan atau tanggal tua, sebagian orang tak sedikit untuk memilih makanan yang lebih sederhana dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Berikut ini beberapa tips supaya bisa makan enak walaupun tanggal tua, yang dikutip dari berbagai sumber (24/8/2017):

Jangan Boros di Awal Bulan

Kebanyakan orang yang suka kuliner biasanya habis gajian pasti berwisata kuliner dan lain sebagainya.  Hal-hal seperti itulah yang membuat uang Anda terkuras habis. Ujung-ujungnya di akhir bulan harus berhemat lagi. Buatlah prioritas pengeluaran dan alokasikan uang Anda untuk berbagai kebutuhan pokok hingga akhir bulan. Hindari belanja barang-barang yang tidak mendesak, sehingga jika diperlukan Anda masih memiliki simpanan uang di rekening Anda.

Lupakan Dessert

Biasanya kalau makan di luar, Anda akan memesan jajanan atau camilan kecil-kecil yang banyak dan sering, sebagai teman makan. Nah, hal inilah yang membuat biaya makanmu bertambah banyak. Jadi, saat tanggal tua jangan lakukan hal seperti biasanya.

Manfaatkan Diskon

Rajin-rajinlah cek sosial media tempat makan yang enak, biasanya mereka akan memberikan diskon. Tentunya lumayan kan kalau Anda bisa makan enak dengan harga setengah dari biasanya.

Masak di Rumah

Jika dihitung kembali, bujet untuk membayar pesanan makan siang jauh lebih mahal dibanding jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Apalagi seringkali makanan yang dijual di daerah perkantoran harganya lebih tinggi. Memasak dan membawa bekal dari rumah bisa jadi pilihan hemat. Jika dirasa kurang, Anda tinggal membeli lauk ataupun buah tambahan.

Belanja di Pasar Tradisional

Di pasar tradisional, harga bahan makanan bisa sedikit lebih murah. Jika ingin membeli buah, pilihlah yang sesuai musimnya agar harganya tak melonjak tinggi, juga nutrisinya maksimal. Di pasar, Anda bisa menemukan aneka jenis bahan makanan, alat masak dan perlengkapan dapur yang lebih ekonomis harganya.

Jangan Tergoda Camilan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, berbelanja di supermarket seringkali memunculkan godaan yang lebih tinggi. Pasalnya, pilihan produk, belum lagi diskon yang seringkali tampak menarik. Saat lewat di lorong camilan yang asin-asin ataupun yang bergula tinggi, seringkali menimbulkan ketertarikan. Akhirnya, biaya belanjapun jadi membengkak.

Pilih Selain Menu Utama

Biasanya di awal bulan kebanyakan orang memilih menu utama di sebuah restoran atau rumah makan. Tetapi kalau sudah akhir bulan atau tanggal tua menu utama berubah dengan menu yang lain karena harganya lebih murah dan pas di kantong.

[Lintain Mustika]

Post Comment