• 22 September 2013
    • Comments Off

    ISLAMIC SOLIDARITY GAMES
    Sejarah Islam Masuk Sumatra Ilhami Koreografi Upacara Pembukaan

    Solopos.com, PALEMBANG — Sejarah masuknya agama Islam ke Sumatra pada abad ke-7menjadi benang merah kisah yang bakal ditampilkan dalam sajian kesenian yang bakal memeriahkan upacara pembukaan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 di Stadion Gelonggang Olah Raga Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Minggu (22/9/2013).

    Prosesi pembukaan perhelatan olahraga negara-negara Islam 3rd Islamic Solidarity Games (ISG) 2013 akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bakal hadir pula dalam acara itu Presiden Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) yang juga Pangeran Kerajaan Arab Saudi Nawaf bin Faisal bin Fahd.

    “Konsep acara pembukaan sebenarnya akan menyajikan pusparagam Indonesia, namun akan lebih mengerucut lagi, yakni menceritakan tentang masuknya agama Islam ke Sumatra Selatan. Jadi, dibuat suatu latar belakang cerita seolah-olah berada pada abad ke-7,” papar koreografer Denny Malik di Palembang, Sabtu (21/9/2013).

    Acara pembukaan itu, katanya, akan diawali tarian Gending Sriwijaya yang menceritakan bahwa Kota Palembang sempat mengalami masa keemasan pada zaman Kerajaan Sriwijaya. Kemudian masa itu dilanjutkan dengan masuknya agama Islam dan munculnya Kesultanan Palembang Darussalam yang berkaitan erat dengan budaya Melayu.

    “Sebanyak 500 orang penari dari pelajar SMA di Palembang, ditambah 100 orang penari profesional dari Jakarta, akan menyajikan tarian kolosal mengenai Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam,” ujarnya.

    Terkait dana yang dikeluarkan untuk menyuguhkan tarian itu, ia mengungkapkan mencapai Rp2 miliar dari total Rp40 miliar yang dialokasikan panitia untuk acara pembukaan. “Semua alat musik dan peralatan digunakan pada upacara pembukaan berasal dari dalam negeri atau sama sekali tak menggunakan barang luar negeri, seperti yang ramai diberitakan sebelumya,” katanya.

    Ia menambahkan, meski dari segi pendanaan lebih kecil dibandingkan acara pembukaan SEA Games 2011, namun ia menggaransi tetap menjadi suatu tontotan menarik karena tetap diberikan sentuhan koreografi dan permainan lampu. “Koreografi yang ditampilkan semuanya baru dan tidak mengulang yang lama [SEA Games], termasuk musiknya meskipun panitia dikejar waktu. Jika dihitung-hitung, para penari hanya berlatih bersama selama 7 kali,” ujarnya.

    Selain sajian tari, acara pembukaan itu juga menampilkan sejumlah penyanyi di antaranya, Iyet Bustami, Band Warna, Dira Sugandi, Iis Dahlia, Reza Artamevia, Iwa K, dan Isa Raja. Sementara, Irgi Fahrezi, April Koeshendratmo, Fuad Baradjdja, dan Rosita Suroso akan bertindak sebagai pembawa acara.

    Leave a reply →
Comments Off

Comments are closed.