• 21 Agustus 2013
    • Comments Off

    Bermasalah, Politeknik PPKP Jogja Nekat Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

    ilustrasi

    Harian Jogja.com, JOGJA—Meski sudah dinyatakan bubar dan belum pernah mengirimkan laporan kepada Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) V Jogja, Politeknik PPKP Jogja masih membuka pendaftaran.

    Beberapa pergurian tinggi swasta (PTS) lain yang juga belum mengumpulkan akta notaris dan pengesahan Ke Menkumham juga nekat membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB).

    Dari pantauan Harian Jogja.com, Rabu (21/8/2013), Politeknik PPKP Jogja masih membuka penerimaan mahasiswa baru hingga Oktober 2013 mendatang. Hingga kini, PTS yang berlokasi di Jalan Janti, Gedongkuning, Banguntapan, Bantul ini menerima 140 calon mahasiswa baru.

    “PMB untuk angkatan pertama. Kami memang PTS baru. Dulu ada Politeknik PPKP UNY, tetapi sudah diambil alih oleh manajemen baru di bawah naungan Piksi Ganesha,” ungkap Santo, Front Office Politeknik PPKP Jogja kepada Harian Jogja.com, Rabu (21/8/2013).

    Untuk meyakinkan pendaftar, pengelola mencantumkan SK Mendiknas RI No.152/D/O/2000 sebagai legal formal beroperasinya kampus tersebut. Namun, menurut Dijelaskan Kepala Sub Bagian Administrasi Akreditasi dan Kelembagaan (AAK) Kopertis Wilayah V Jogja, Sukarsono Windu Kumoro, PTS tersebut merupakan PTS lama namun orang yang mengelola dalam yayasan tersebut berbeda.

    “Itu PTS dan [Politeknik PPKP Jogja yang dibubarkan] yayasannya sama. Tetapi, orang dalam yayasan tersebut sudah berbeda. PTS itu sudah sejak 2008 tidak aktif. Mereka sedang berupaya untuk membangun lagi,” ungkapnya kepada Harian Jogja.com

    Kopertis sangat menyayangkan langkah PTS tersebut. Padahal, sambungnya, belum ada kepastian dari Dikti terkait izin operasional. “PTS itu sudah menerima mahasiswa baru. Padahal, belum ada kepastian [izin operasional] dari Dikti. Kami sudah memperingatkan, tetapi kewenangan penindakan itu bukan Kopertis. Kami harap masyarakat kritis dalam memilih PTS,” ujarnya.

    Leave a reply →
Comments Off

Comments are closed.