• MUDIK LEBARAN 2013
    Paket Motor Lewat Kereta Api Mulai Meningkat

    Ilustrasi pengiriman paket motor melalui kereta api (Dok/Solopos)

    Ilustrasi pengiriman paket motor melalui kereta api (Dok/Solopos)

    Solopos.com, SOLO — Pengiriman paket sepeda motor dari calon pemudik Jakarta-Solo maupun Solo-Jakarta mulai meningkat.

    Paket sepeda motor tersebut nantinya akan dikirim via kereta api. Menurut salah seorang karyawan Karya Indah Delapan Express di kawasan Stasiun Balapan Solo, Bambang Sri Mulyono, peningkatan paket sepeda motor sudah terjadi sejak awal bulan Puasa. Dan tren peningkatan ini terjadi lebih awal dibanding kebiasaan tahun-tahun sebelumnya.

    “Ini sudah meningkat tapi memang belum sampai puncak. Kami perkirakan puncak pengiriman paket sepeda motor akan terjadi mulai H-10 Lebaran,” kata Bambang, saat ditemui Solopos.com, di lokasi usahanya, Senin (22/7/2013).

    Di Karya Indah Express, tiap harinya ada sekitar lima unit hingga delapan unit sepeda motor di kirim ke Jakarta via kereta api. Angka ini naik cukup signifikan, karena pada hari biasa paket sepeda motor rata-rata hanya satu hingga dua unit saja. Kadang justru nihil.

    Begitu pula sebaliknya dari Jakarta ke Solo banyak paket sepeda motor mulai berdatangan. “Banyak calon pemudik yang memaketkan sepeda motornya lebih awal. Takut antre kalau mepet Lebaran,” kata dia.

    Dari pantauan Solopos.com, puluhan paket sepeda motor siap kirim ditata berjajar di depan sejumlah konter perusahaan ekspress di kawasan Stasiun Balapan.

    Bambang menjelaskan, paket sepeda motor banyak diangkut dengan kereta api Malabar untuk tujuan Bandung, Gaya Baru dan Senja Utama tujuan Jakarta tepatnya di Stasiun Kota serta Bima dan Matarmaja masing-masing berhenti di Stasiun Manggarai dan Stasiun Senen.

    “Tapi kami utamakan kalau dari Solo pakai yang Gaya Baru atau Senja Utama. Biasanya, kalau pakai Bima atau Matarmaja kereta sudah penuh dari arah timur.”

    Soal tarif paket sepeda motor, menurut Bambang saat ini masih pakai tarif normal. Untuk sepeda motor bebek hanya Rp250.000 per unit, sepeda motor sport Rp300.000 per unit dan sepeda motor dengan packing khusus bisa Rp400.000 per unit.  Belum ada tarif khusus Lebaran, kecuali jika PT Kereta Api Indonesia (KAI) menaikkan tarif untuk paket barang tersebut.

    “Dipastikan, kalau ketersediaan gerbong angkutan barang mencukupi, paket sepeda motor ini sampai dalam waktu satu hari. Terutama bagi pelanggan yang ambil sendiri di stasiun tujuan.”

    Sementara itu, salah seorang karyawan PT Benny Putra, Ferdian, menyampaikan kiriman paket motor dari Jakarta ke Solo akan mencapai puncaknya pada sepekan jelang Lebaran.

    “Sekarang kami sudah menerima paket motor dari kantor di Jakarta. Nanti seminggu jelang Lebaran akan makin ramai. Sehari bisa terima 10 unit motor,” ujar Ferdian. Menurutnya, pelanggan yang mengirim paket sepeda motor itu adalah calon pemudik yang enggan repot mengendarai sepeda motornya dari Jakarta ke Solo.

    Di PT Benny Putra, tarif paket sepeda motor bebek dan matik berkisar Rp270.000 per unit dan Rp300.000 per unit sepeda motor sport. “Kami juga melayani pengiriman hingga alamat tujuan. Tapi ada tambahan biaya,” katanya.

    Leave a reply →

Leave a Reply

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.