• BUS SUMBER SELAMAT Seruduk Truk, 6 Orang Terluka

    Solopos.com, KLATEN — Sedikitnya, enam orang mengalami luka serius setelah bus Sumber Selamat menyeruduk truk bermuatan pasir hingga terguling di Jl Jogja-Solo, tepatnya di Karang, Kecamatan Delanggu, Klaten, Minggu (7/7/2013) dini hari.

    Beruntung, tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan maut itu. Kejadian itu bermula saat bus Sumber Selamat melaju dengan kecepatan 80 Kilometer/jam dari arah Yogya menuju Solo sekitar pukul 01.00 WIB, Minggu. Di daerah Karang, bus Sumber Selamat berpelat nomor W 7045 UZ yang berada di sisi kanan jalan hendak menyalip truk berplat nomor AB 8770 JN yang ada di sisi kiri jalan.

    Tanpa diduga, truk yang dikendarai warga Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Sudheri, mengalami oleng ke sisi kanan jalan. Bus Sumber Selamat tidak sempat menghindar karena jaraknya sudah sangat dekat. Akibatnya, bagian kiri bus Sumber Selamat menabrak sebelah kanan bak truk dan menyeruduknya hingga terguling.

    Sudheri hanya mengalami luka lecet, sedangkan lima orang penumpang dilaporkan mengalami luka serius, seperti patah tulang. Kernet bus, Moch Soleh, harus dirawat intensif setelah sempat tergencet dan terkena serpihan pecahan kaca. Semua korban langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Delanggu.

    “Jaraknya sudah sangat dekat, jadi tidak sempat untuk mengerem. Membanting setir ke kanan juga bahaya karena ada median jalan,” kata kondektur bus Sumber Selamat, Budi, saat ditemui Solopos.com di RS PKU Muhammadiyah Delanggu.

    Menurutnya, sopir bus juga tidak dalam keadaan mengantuk karena sebelumnya sudah beristirahat dan makan. Dia mengeluhkan banyaknya truk bermuatan pasir yang tidak konsisten saat berada di jalan. “Sopir sering tidak konsisten dalam mengendarai truk, kadang ke sisi kiri jalan, kadang ke kanan jalan. Selain itu, juga berjalan sangat pelan,” paparnya.

    Sementara, salah satu penumpang, Muhammad Nur Hadi, mengalami patah tulang hidung karena terbentur besi pada kursi yang ada di depannya. Dia naik bus Sumber Selamat dari Jogja bersama ibu dan anaknya menuju Jawa Timur. Ibu dan anaknya memperoleh tempat duduk begitu naik bus, sedangkan dia harus berdiri karena kursi sudah terisi semua. Sekitar pukul 01.00 WIB, dia pun memperoleh tempat duduk. “Namun, baru sebentar duduk, bus menabrak truk dan saya terbentur besi pada kursi di depan,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di RS PKU Muhammadiyah Delanggu.

    Akibat benturan itu, pria yang duduk nomor empat dari bangku depan sebelah kiri itu harus segera dioperasi karena mengalami patah hidung. Dia pun meminta agar dirujuk ke salah satu RS di Jogja. Satlantas Polres Klaten yang datang ke lokasi langsung mengevakuasi bangkai truk yang terguling dan bus Sumber Selamat yang ringsek pada bagian kiri depan.

    Leave a reply →

One Response to “BUS SUMBER SELAMAT Seruduk Truk, 6 Orang Terluka”

  1. randis mengatakan:

    bus ini kalau pengemudinya belum pernah menabrak maka belum dijadikan karyawan tetap…….

Leave a Reply

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.