• PAK HARTO ULTAH
    Peringatan Ultah Pak Harto Terpusat di Kalitan

    Soeharto (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

    SOLO – Peringatan ulang tahun ke-92 mantan Presiden Indonesia, almarhum Soeharto bakal dipusatkan di Dalem Kalitan, Solo, Sabtu (8/6/2013). Peringatan tersebut dilakukan dengan menggelar sholawatan yang dipimpin oleh Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf.

    Diperkirakan, puluhan ribu umat Islam bakal membanjiri kawasan Dalem Kalitan guna menghadiri acara yang dijadwalkan dimulai pukul 19.30 WIB tersebut. Setidaknya, terdapat enam simpang empat yang bakal ditutup selama peringatan ulang tahun Soeharto.

    Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Suwito, menerangkan lokasi pengajian di Dalem Kalitan diapit oleh dua ruas jalan dengan kondisi arus lalu lintas yang padat yakni Jl Moewardi serta Jl Slamet Riyadi. Apalagi, kegiatan digelar bertepatan dengan akhir pekan.

    “Tentunya nanti ada pengaturan arus lalu lintas. Tidak ditutup total, tetap dengan sistem buka tutup. Yang tidak kalah penting itu kantong-kantong parkir,” jelasnya saat jumpa pers di Dalem Kalitan, Rabu (5/6/2013).

    Suwito mengatakan pihaknya menyiapkan 170 personel dari tim gabungan yang bakal mengatur lalu lintas selama peringatan berlangsung. Disampaikannya, berdasarkan pengalaman berbagai pengajian Habib Syeh di Kota Bengawan, beberapa jam sebelum sholawatan digelar, lokasi acara sudah menjadi lautan manusia.

    “Bahkan ada yang sudah datang siang. Makanya, nanti kami sudah siapkan petugas sejak siang hari,” urainya.

    Sementara itu, perwakilan Ahbaabul Musthofa, Edhi Hendaryani, menuturkan putra Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau Tommy sudah konfirmasi langsung kepada Habib Syech terkait acara tersebut. Disampaikannya, sekitar 30.000 orang bakal menghadiri acara tersebut.

    “Dari jamaah Habib sekitar 30.000 orang. Itu belum ditambah dari pecinta Pak Harto,” urainya.

    Dijelaskannya, kawasan Dalem Kalitan bakal steril dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) selama
    kegiatan berlangsung. Untuk sejumlah PKL yang saban hari berjualan di sekitar Kalitan, pihaknya sudah menyediakan tenda khusus bagi mereka.

    “Untuk PKL dadakan, nanti kami mohon dari petugas untuk mengkondisikan mereka,” terangnya.

    Kepala rumah tangga Dalem Kalitan, RM Agus Surendro, mengungkapkan tak ada yang terlalu istimewa dari peringatan ulang tahun Soeharto tersebut. Hanya saja, atas permintaan dari keluarga Cendana, peringatan dipusatkan di Kalitan.

    “Setiap tahun diperingati dan menyebar di berbagai tempat seperti di Masjid At-Tin, TMII, Dalem Kalitan serta di Cendana juga ada. Tetapi sekarang dipusatkan di sini,” katanya.

    Disampaikannya, selain Tommy anak-anak Soeharto direncanakan hadir dalam acara tersebut di antaranya Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Siti Hutama Endang Adiningsih (Mamiek), Sigit Harjojudanto (Sigit) serta adik Soeharto, Probosutedjo.

    Tidak hanya itu, sejumlah tokoh juga direncanakan akan mengikuti pengajian itu yakni Abu Rizal Bakrie, Agung Laksono, Akbar Tandjung, Tri Sutrisno, Wiranto serta Subagyo HS.

    Leave a reply →

One Response to “PAK HARTO ULTAH : Peringatan Ultah Pak Harto Terpusat di Kalitan”

  1. yoga mengatakan:

    (skg drpd lupa) Selamat hari jadi yg ke 92 pak Harto,,sy slh satu pengagum almarhum panjenengan. sy doakan segala kebaikan di alamNya. Amin ya Allah amin.

Leave a Reply

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.