• PILGUB JATENG
    Koalisi 8 Parpol Untuk Adang Cagub PDIP

    Kantor Gubernur Jawa Tengah

    Kantor Gubernur Jawa Tengah (purna17.blogspot.com)

    SEMARANG – Rencana koalisi delapan partai politik (parpol) menengah pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013, untuk mengadang Cagub dari PDIP.

    Direktur Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik ( Puskodak) Undip Semarang, Susilo Utomo, mengatakan kalau figur calon gubernur (Cagub) yang diusung PDIP pas dengan kehendak kader dan rakyat sangat luar biasa. ”Jadi untuk mengadang cagub PDIP ini, delapan parpol menengah melakukan koalisi dengan mengusung cagub sendiri,” katanya.

    Koalisi ini menurut dia lantaran PDIP akan mandiri mengusung pasangan cagub dan calon wakil gubernur (cawagub), tak melakukan koalisi dengan parpol lain. Dia menambahkan, nama cagub yang akan diusung koalisi delapan parpol itu, masih menunggu cagub dari PDIP.

    ”Saat ini kan ada tiga nama bakal cagub yang elektabilitasnya tinggi yakni Bibit Waluyo [Gubernur Jateng], Rustriningsih, (Wakil Gubenur Jateng) dan Hadi Prabowo (Sekda Pemprov Jateng], kalau nantinya PDIP memilih salah satu, ada kemungkinan cagub tak terpilih akan diusung koalisi delapan parpol,” beber Susilo.

    Sementara, DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng merapatkan barisan menjelang pilgub, dengan mengumpulkan ribuan kader dalam acara Harlah ke-40 PPP. Ketua DPW PPP Jateng, Arief Mudatsir Mandar, mengatakan, acara peringatan Hari Kelahiaran (Harlah) PPP dipusatkan di GOR Jatidiri, Jatingaleh, Kota Semarang pada Sabtu (5/1/2013).

    ”Kami mengundang sekitar 10.000 kader dari seluruh Jateng. Acara ini sekaligus untuk konsolidasi pemenangan pilgub dan pemilu 2014,” ujar dia didampingi Wakil Ketua Istajib AS.

    Mengenai Cagub yang akan diusung PPP, Arief belum mengungkapkan hanya memberikan beberapa kreteria, yakni sosok yang santu tutur katanya, menghargai orang lain, tak adigang, adigung, dan adiguna. Selain itu juga mempunyai kemampuan memimpin Jateng, serta dekat dengan para kiai dan ulama. ”Untuk namanya, secepatnya pada Januari akan segera kami umumkan,” tandasnya.

    Disinggung tentang nama mantan Pangdam V/Vrawijaya, Mayjen TNI Suwarno, dia menyatakan memang telah melakukan pertemuan secara pribadi. Menurut dia, Suwarno sosok yang santun dan proaktif dengan mendatangi parpol, termasuk PPP. ”Namun, kami belum memutuskan untuk mengusung Suwarno. Tunggu saja nanti,” ujar dia.

    Leave a reply →

One Response to “PILGUB JATENG: Koalisi 8 Parpol Untuk Adang Cagub PDIP”

  1. jokowo mengatakan:

    keliatannya akan semakin banyak warga jateng yang jadi golput, kalau calonnya pada kayak itu.

Leave a Reply

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.