• DANA BOS
    Pengurus Kesulitan Bikin Laporan

    JOGJA—Tidak memiliki latar belakang pendidikan akutansi, pengurus bantuan operasional sekolah (BOS) di sekolah kesulitan menuliskan laporan.

    Pengurus BOS di tingkat sekolah dasar (SD) rata-rata tidak memiliki latar belakang pendidikan ekonomi, khususnya akutansi. Ketiadaan kemampuan ini mengakibatkan pengurus kesulitan membuat laporan pertanggung jawaban BOS.

    “Sebenarnya setiap bulan kami selalu membuat laporan keuangan BOS yang sederhana. Tetapi yang sesuai format laporan BOS kami sering ditagih dinas karena salah membuat laporan. Jadi harus beberapa kali revisi,” jelas Kepala SDN Serayu, Nur Asrida kepada Harian Jogja saat ditemui, Selasa (15/1/2013).

    Dari ketentuan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja untuk mengirimkan laporan triwulan BOS, kata dia, sekolah terkadang harus beberapa kali melakukan revisi.

    Beruntung, Disdik Kota Jogja menyadari kelemahan ini sehingga memberikan bantuan pelatihan kepada pengurus BOS di sekolah-sekolah yang membutuhkan.

    Mengenai evaluasi BOS 2012, Nur mengaku tahun kemarin sudah berjalan dengan baik. Pasalnya dana yang dicairkan tidak lagi terlambat, bahkan selalu cair lebih dahulu daripada provinsi lain.

    Pencairan yang lebih dini ini disebutnya semakin memudahkan sekolah dalam mengelola keuangan dan membiayai setiap kebutuhan belajar mengajar.

    Trimester pertama ini, BOS 2013 masih untuk membiayai kebutuhan siswa dan sekolah seperti biaya rutin listrik, air, telepon, honor satpam dan kegiatan ekstrakulikuler.

    Sementara kebutuhan lain yang perlu disokong pada awal tahun 2013 ini berkisar pada pengadaan buku pelajaran.

    Pengelola BOS Disdik Kota Jogja, Agus Trimadi menjelaskan laporan BOS dari 230 sekolah di Kota Jogja, baik dari SD dan SMP di Kota Jogja telah diterimanya.

    “Rekap laporan berupa format K7 sudah diterima. Sebelum 2 Januari 2013 sudah masuk malah. Jadi deadline untuk 5 Januari 2013 jelas terlaksana,” terang dia.

    Dari pengamatannya, ia melihat kesiapan dan reaksi sekolah sudah sesuai harapan. Penggunaan BOS sejauh ini juga sudah sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah Pusat.

    Leave a reply →

Leave a Reply

Anda harus masuk log untuk mengirim sebuah komentar.